Guys, Ingin Foto Anda Berlatar Belakang Bergerak? Yuk Intip Caranya di Sini

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ingin Foto Anda Berlatar Belakang Bergerak? Yuk Intip Caranya di Sini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Postingan instagram baru-baru ini sempat diramaikan dengan membuat foto berlatar belakang bergerak. Kalau sebelumnya hanya biasa saja, kini postingan foto bisa lebih menarik dan terlihat hidup dengan aplikasi .

Anda tidak harus memiliki kemampuan editing foto dan video dalam membuatnya, cukup dengan aplikasi tersebut Anda sudah bisa mendapatkan hasil foto yang menarik.

Penasaran ingin membuatnya?. Berikut langkah-langkahnya:

1. Buka aplikasi Plotagraph, lalu tekan tanda plus di bagian bawah untuk memulai pengeditan. Setelah itu, pilih foto yang akan diedit.

2. Saatnya memilih area yang tidak ingin Anda gerakan. Caranya dengan menekan tombol Anchor atau Mask. Pilih titik (jika pakai Anchor) atau arsir (jika pakai Mask) area yang telah ditentukan. Anda bisa mengatur besaran kuas arsiran dengan menaik turunkan tombol di kiri layar. Jika ingin menghapus area yang sudah terasir, gunakan tombol Eraser.

3. Selanjutnya, memberikan efek gerak di area yang ingin digerakan dengan menekan tombol Animate. Tempatkan jari pada area yang telah ditentukan, tahan lalu geser jari hingga muncul tanda panah. Panjang pendeknya panah akan menentukan gerakan.

4. Anda bisa menghapus tanda panah yang telah dibuat. Caranya, tekan tombol Select, lalu tekan panah yang akan dihapus. Seketika panah yang dipilih akan berubah warna. Setelah memilih panah mana saja yang akan dihapus, selanjutnya tekan tombol Delete di kiri layar. Cara yang sama dapat dilakukan untuk menghapus titik Achor.

5. Jika ingin mengatur kecepatan gerak, tekan tombol Speed. Atau jika ingin mengatur luasan gambar, tekan tombol Crop. Setelah selesai dibuat, tekan tombol Share. Anda bisa memilih Social Media atau Email dan Teks. Jika memilih Social Media akan ada pilihan durasi penyimpanan yang disesuaikan dengan media sosial dan ukuran foto. Lalu tekan Save to Camera Roll untuk menyimpan gambar ke ponsel.

6. Selanjutnya, tinggal posting ke akun media sosial Anda, mudah bukan?.

Aplikasi Plotagraph dapat di download di App Store, tidak gratis, dikenakan biaya Rp 75.000. Sayangnya aplikasi ini belum tersedia untuk platform Android. Tapi ada cara lain yang bisa dilakukan untuk menciptakan foto yang sama, berikut caranya:

1. Akses situs Plotagraph lewat browser Chrome. Lakukan registrasi untuk membuat akun. Bila sudah selesai, cek email untuk aktivasi akun.

2. Masuk kembali ke situs tadi, lakukan login. Tekan tanda plus untuk memulai pengeditan. Kemudian pilih opsi Plotagraph, diikuti Choose File untuk memasukan foto yang akan diedit. Karena berbasis web, jadi butuh waktu untuk mengupload foto. Bila foto sudah tampil, tekan Create.

3. Tampilan area pengeditan mirip seperti di aplikasi, namun berhubung ini siftanya gratis, jadi sejumlah fitur tidak berfungsi. Tapi tidak jadi soal, yang ada pun sudah cukup untuk membuat foto berlatar belakang bergerak.

4. Untuk memulai pengeditan, tekan tombol panah, untuk menggunakan Direct atau Lasso selection tool. Kemudian, tekan tombol Animate, ada tiga opsi yang tersedia. Gunakan Animation Point untuk membuat titik gerak. Pakai Stabilazer Point untuk membuat area yang tidak bergerak. Untuk melakukan penghapusan pada titik yang telah dibuat gunakan Delete Point.

5. Untuk mengatur kecepatan gerak tekan tombol di bawah Animate. Sementara untuk mengatur luasan gambar, tekan tombol Crop. Setelah selesai dibuat, tekan tombol Share di pojok kanan bawah, lalu tekan Custom Export

6. Anda bisa mengatur jenis file, frame rate, codec dan kualitas video. Tekan Export bila sudah dan diikuti dengan menekan My Exports. Tunggu berapa saat hingga ditampilkan ukuran file dan tombol download tampil. Lalu tekan Donwload untuk mengunduh ke dalam ponsel.

Perlu diingat dan diketahui, karena ini sifatnya gratis jadi akan ada watermark Plotagraph di pojok kanan bawah. Bagaimana, siap berkreasi dengan tampilan foto yang lebih menarik?. Selamat mencoba. (detik.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.