oleh

Guys, Ingin Uang Anda Awet Sampai Akhir Bulan? Ini 5 Cara Kelolanya

PortalMadura.Com – Saat mendapat penghasilan di awal bulan sebaiknya Anda sudah merencanakan akan digunakan untuk apa saja uang tersebut. Hal ini, agar bisa mencukupi kebutuhan Anda selama satu bulan. Pendapatan yang hanya sebulan sekali ini harus Anda bagi, mana yang kebutuhan prioritas atau sebaliknya.

Selain itu, Anda juga harus menyisihkan untuk ditabung dan investasi, karena masa depan juga harus Anda pikirkan. Jangan sampai Anda kehabisan uang saat akhir bulan.

Nah, ini lima cara mengelola keuangan sehingga Anda tidak perlu takut uang Anda habis di akhir bulan:

Prioritaskan Pengeluaran
Misalnya Anda memiliki cicilan KPR atau kendaraan, inilah yang harus menjadi prioritas utama. Sisihkan uang di awal untuk membayar cicilan ini.

Biasakan Untuk Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran
Seperti setelah melakukan belanja online, langsung catat uang yang dikeluarkan. Memang repot di awal, tetapi percayalah cara ini cukup efektif untuk mengerem pengeluaran berlebihan.

Jangan Sering Gunakan Kartu Kredit
Sebab, Anda tidak akan terasa saat berbelanja dengan kartu kredit. Padahal Anda harus membayar pada bulan berikutnya. Sehingga hanya gunakan kartu kredit saat sedang ada promo.

Siasati Gaya Hidup
Anda perlu mencari tempat nongkrong atau pusat pembelanjaan yang ada promonya. Ini supaya lebih menghemat pengeluaran yang menunjang gaya hidup.

Disiplin Menabung
Biasakan 30-50 persen dari gaji untuk ditabung atau diinvestasikan. Anda dapat mencoba deposito, tetapi uang yang harus diinvestasikan minimal Rp 10 juta. Namun, ada cara lain menyisihkan uang Anda meski tidak sampai Rp 10 juta, yakni membeli reksa dana pasar uang. Hanya dengan Rp 100 ribu, Anda dapat membelinya dengan bunga 6-7 persen di atas deposito. (liputan6.com/Desy)



Komentar