Guys, Ini 10 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba saat Liburan Kesana

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 10 Kuliner Khas Surabaya yang Wajib Kamu Coba saat Liburan Kesana
ilustrasi

PortalMadura.Com – Akhir pekan atau libur yang panjang merupakan hal yang paling didambakan oleh semua orang terlebih lagi bagi mereka yang pekerja super sibuk.

Saat liburan tiba, biasanya kita akan mengunjungi tempat dan bersenang-senang serta melepas penat disana.

Jika anda memilih pergi berlibur di kota , ini 10 yang wajib kamu jajal.

Lontong Balap Garuda Pak Gendut

Lontong balap merupakan salah satu kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini terdiri dari ontong, tahu goreng, taoge, lentho, bawang goreng, kecap, dan sambal dipadu kuah segar. Ditambah dengan lezatnya sate kerang dan segelas es kelapa muda tentu akan sangat menggugah selera.

Ada banyak tempat yang menyajikan kuliner Surabaya ini. Salah satunya adalah Lontong Balap Garuda Pak Gendut. Lokasinya berada di depan bekas Bioskop Garuda, tepatnya di Jalan Kranggan no. 60, Sawahan, Surabaya. Meski telah berjalan selama lebih dari empat dekade, kualitas lontong balap ini tetap terjaga.

Rawon Setan Mbak Endang

Rawon merupakan kuliner Surabaya yang tidak boleh dilewatkan saat berkunjung di kota Pahlawan. Rawon Setan Mbak Endang yang ada di Jalan Embong Malang, Surabaya merupakan depot rawon setan yang asli dan pertama di Indonesia.

Disebut dengan rawon setan karena warung ini hanya buka di malam hari saja. Daging rawon disini cukup besar dan juga empuk. Rasa kuahnya nendang abis. Terletak di tengah kota, membuat rumah makan rawon setan ini enggak pernah sepi pengunjung.

Pecel Rawon Warung Pojok Moro Seneng

Kuliner Surabaya ini terdiri dari nasi pecel yang dicampur dengan kuah rawon. Kuliner Surabaya yang unik ini bisa dinikmati di Warung Pojok Moro Seneng, Surabaya. Tepatnya di Jl. Pucang Anom No 17, Gubeng, Surabaya. Ulekan kacang sebagai saus aneka sayuran yang kemudian disiram dengan kuah rawon yang hitam dan kaya dengan rasa rempah ini bakal memanjakan lidah Anda.

Nasi Goreng Jancuk

Menu nasi goreng memang mudah ditemukan di banyak tempat, namun kuliner Surabaya ini tak bisa Anda lewatkan begitu saja ketika berada di kota ini. Kuliner Surabaya ini dinamakan naso goreng jancuk karena rasa nasi goreng ini super pedas dengan porsi yang cukup besar sehingga cukup untuk disantap bersama beberapa orang.

Nasi goreng pedas ini dimasak dicampur dengan irisan ayam, potongan udang, daging kepiting, telur, dan sambal terasi disajikan dengan acar dan kerupuk udang. Bertempat disalah satu restoran hotel, nasi goreng jancuk menjadi incaran oleh para penikmat kuliner.

Mie Pecun

Satu lagi kuliner Surabaya yang ditujukan bagi anda penggila masakan pedas. Tumisan mie kuah yang dicampur dengan irisan udang, telur, serta kornet, dijamin bakal membuat anda ketagihan untuk melahapnya. Di sini juga memiliki berbagai varian tingkat kepedasan, misalkan saja Paket Klimax (super pedas), Paket Galau (pedas biasa), Paket Semriwing (pedas sedang) dan Paket Culun (tidak pedas). Jadi tidak perlu khawatir untuk membawa si kecil bersama anda. Lokasi: Jalan Anjasmoro, Sawahan, Kecamatan Sawahan, Kota SBY, Jawa Timur.

Sate Klopo Ondomohen

Kuliner Surabaya yang unik ini merupakan sate daging sapi, ayam, usus, udang, atau sumsum yang dibakar dan disajikan dengan bumbu sate seperti umumnya.

Walaupun terlihat sama, lidah Anda akan merasakan perbedaan rasa yang lebih menggoda. Irisan sate di tempat kuliner Surabaya ini lebih besar dan sudah dibumbui terlebih dahulu dengan kelapa yang telah disangrai, inilah yang menyebabkan Sate Klopo Ondomohen menjadi lebih gurih.

Nasi Udang Bu Rudy

Nasi udang empal merupakan nama salah satu menu yang ada di depot Bu Rudy. Kuliner Surabaya ini disajikan dengan sambal bawang yang menggelitik lidah. Nasi pulen putih yang nikmat dan istimewa sangat cocok di lidah Anda.

Depot Bu Rudy menjadi salah satu tempat kuliner Surabaya yang recommended. Menu yang disajikan di tempat ini sangat beragam sesuai dengan selera dan lidah. Anda bisa datang ke lokasi ini untuk menikmati menu istimewanya di Jalan Dharmahusada no. 140 Surabaya.

Kepiting Cak Gundul 1992

Kuliner Surabaya ini cocok buat Anda yang menyukai olahan sea food. Cak Gundul 1992 memang menjual aneka olahan makanan laut, namun andalan restoran yang sudah berdiri lebih dari 25 tahun ini adalah olahan kepitingnya. Kepiting di sini punya berbagai ukuran jadi Anda bisa bebas memilih sesuai dengan selera. Sausnya pun bisa Anda pilih mulai dari yang standar seperti asam manis sampai yang khas seperti saus kare.

Menu paling populernya adalah kepiting bumbu kare dan kepiting asam manis. Untuk menyantap kuliner Surabaya yang lezat ini Anda bisa berkunjung ke jalan Raya Kupang Indah, No. 45 C-D, Surabaya, Jawa Timur.

Rujak Cingur Ahmad Jaiz

Panganan yang berbahan dasar hidung sapi ini sudah menjadi kuliner Surabaya yang khas. Kuliner Surabaya satu ini gampang ditemukan di banyak tempat, namun ada satu tempat makan rujak cingur yang wajib anda kunjungi saat berada di Surabaya. Namanya warung Rujak Cingur Ahmad Jaiz yang berlokasi di jalan Achmad Jais No.40, Peneleh, Genteng, Surabaya, Jawa Timur, Indonesia. Rasa khas yang ada dari rujak cingur ini adalah karena hasil ulekan bumbu dari sang pemilik warung, yakni Nyonya Giok Tjoe.

Sego Sambel Mak Yeye

Surabaya dikenal dengan kuliner malamnya yang menggugah selera. Jika Anda pencinta kuliner pedas dan merasa lapar saat malam hari wajib mencicipi kuliner Surabaya satu ini. Di jalan Jagir Wonokromo Wetan no. 12, Jagir, Wonokromo, Surabaya anda bisa menyantap makanan saat malam hari di warung Sego Sambel Wonokromo Mak Yeye.

Namun, Anda harus rela mengantre untuk mendapatkan kelezatan sajian di warung ini Menunya boleh jadi sederhana, tetapi urusan rasa, Sego Sambel Mak Yeye memang jawara. Nasi hangat dengan lauk iwak pe alias ikan pari yang dibaluri sambal merah menyala dan menantang, bisa-bisa membuat Anda ketagihan. Jika tak ingin iwak pe, ada juga beragam lauk sederhana lainnya.

Itulah 10 kuliner yang wajib kamu coba saat kamu berkunjung atau berlibur ke kota Surabaya. Selamat mencoba guys. (merdeka.com/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.