Guys, Ini 3 Cara Mudah dan Murah Percantik Tampilan Pelek Motor

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini 3 Cara Mudah dan Murah Percantik Tampilan Pelek Motor
ilustrasi

PortalMadura.Com – Selain mempercantik bodi, pelek juga bisa memberikan kontribusi yang besar terhadap tampilan sepeda motor. Hal ini memang dibutuhkan dana yang tidak sedikit untuk membeli pelek baru.

Akan tetapi, untuk mengubah tampilan tidak selalu harus diganti dengan yang baru. Ada cara lain dan tidak perlu bujet besar. Anda Penasaran?.

Berikut tiga cara mudah dan murah mempercantik tampilan pelek motor:

Cat Ulang Pelek Motor Anda
Warna pelek yang berbeda, pasti langsung membuat tampilan motor Anda tampak lain. Supaya warnanya berubah, Anda bisa mengecatnya. Jika mampu melakukan secara mandiri, di online shop banyak tersedia pilihan cat semprot untuk pelek alloy (pelek racing). Bahkan, ada beberapa pelapak yang menawarkan paket, mulai dari cat dasar, pelapis sampai pernisnya.

Kemudian, pelek motor tidak langsung dicat begitu saja. Anda perlu melepaskan pelek dari ban, lalu cuci bersih dengan sabut. Sehabis kering, pelek harus diamplas sampai cat lama terkelupas. Setelah itu, bersihkan lagi sampai tidak ada kotoran yang menempel. Barulah pelek disemprot dengan cat.

Bila Anda merasa terlalu rumit untuk mengecat ulang pelek motor secara mandiri, Anda dapat melakukan cat ulang pelek motor di bengkel-bengkel terdekat. Soal pilihan warna cat, saat ini trennya mengarah ke bronze.

Pasang Stiker di Pelek Motor
Jika ternyata harga cat motor bagi Anda masih terlalu mahal, ada satu cara lain yang lebih terjangkau, yaitu pasang stiker. Dengan melekatnya stiker di pelek motor Anda, pasti tampilannya bakal berbeda.

Setelah berhasil membeli stiker pelek motor, Anda pastikan bisa memasangnya dengan tepat. Bila tidak yakin, sebaiknya serahkan ke teknisi bengkel motor terdekat. Di bengkel-bengkel resmi pabrikan motor, banyak pula yang menjual stiker pelek. Mereka biasanya menawarkan stiker sekaligus dengan jasa pemasangannya.

Ganti Pelek Bekas Pakai
Opsi terakhir yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bujet adalah ganti dengan pelek bekas pakai. Harganya pasti jauh lebih miring dibanding pelek aftermarket baru. Bukan tidak mungkin, Anda bakal dapat banderol setengahnya.

Hanya saja yang harus diperhatikan dari membeli pelek aftermarket bekas pakai, perhatikan baik-baik kualitasnya. Jangan sampai Anda mendapat pelek motor yang sudah cacat. Kalau itu terjadi, sudah uang melayang, pelek kesukaan juga tidak didapat.

Cara mengecek pelek bekas masih berkualitas, dengan cara melihatnya secara langsung tiap-tiap sisi. Pastikan pelek harus dalam keadaan bulat sempurna, tidak peang. Kemudian catnya juga pilih yang tidak terkelupas. Bila Anda hendak membeli pelek bekas jenis jari-jari, pastikan tiap jari-jarinya lurus sempurna. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.