oleh

Guys, Ini 5 Hal yang ‘Haram’ Dilakukan Pada Mobil Matik

PortalMadura.Com – Sebagian orang beranggapan bahwa merawat mobil matik lebih sulit daripada mobil manual. Sebab, apabila salah satu komponen mobil matik rusak bisa merusak komponen lain.

Mengemudikan mobil matik memang lebih mudah daripada yang manual. Selain terasa ringan, mobil jenis ini juga praktis dan pengemudi tidak perlu sibuk menginjak kopling atau memikirkan perpindahan gigi transmisi.
Namun karena saking mudahnya dalam mengemudikan mobil matik, banyak pengemudi yang terlena sehingga melupakan hal-hal yang sebenarnya dilarang. Apa sajakah itu?.

iklan pilbup

Berikut lima hal yang tidak boleh dilakukan pada mobil matik Anda:

Di Turunan, Jangan Pernah Pindahkan Transmisi ke Posisi Netral
Mungkin ada yang berpikir saat turunan tanpa memasukkan gigi transmisi bisa lebih menghemat BBM. Kalau turunan yang dilintasi cukup terjal dan kemudian menanjak kembali, pada posisi gigi netral mobil bisa melaju lebih kencang dan saat menanjak mobil masih bisa melaju tanpa harus mengegas sehingga lebih hemat bahan bakar.

Padahal, pada model mobil zaman sekarang, saat pengendara tetap memasukkan gigi di jalanan menurun mesin mobil sudah disesuaikan agar tidak mengonsumsi BBM. Jadi, mobil tetap bergerak karena roda masih berputar. Karena saat tetap memasukan gigi fuel injector akan tertutup dan putaran roda akan meneruskan tenaga ke mesin dengan begitu tidak ada BBM yang digunakan.

Pastikan Mobil Berhenti Sebelum Mengganti Transmisi
Sebelum mengganti posisi gigi transmisi pastikan mobil dalam posisi diam. Misalnya, Anda ingin memundurkan mobil ‘R’ dari posisi ‘D’ pastikan mobil berhenti, begitu juga sebaliknya.

Artinya, Anda menggunakan rem untuk berhenti, bukan berhenti karena perubahan transmisi berubah. Transmisi didesain untuk mengganti gigi, sementara untuk membuat mobil berhenti gunakanlah rem.

Mobil Jangan Langsung Digeber
Ada beberapa pengendara yang memposisikan gigi di Netral kemudian menginjak pedal gas cukup dalam dan langsung memindahkan gigi ke posisi ‘Drive’. Padahal, hal itu tidak disarankan karena bisa merusak komponen transmisi dan clutch pada mobil.

Tak Perlu Memindahkan Gigi ke Netral saat Lampu Merah
Tidak masalah jika posisi gigi tetap berada di ‘D’ ketika lampu merah. Ada yang beralasan memindahkan gigi bisa menghemat BBM. Padahal, perbedaannya konsumsi BBM saat mobil di posisi ‘D’ dan ‘N’ tidak jauh berbeda.

Bagaimana jika terjebak dalam kemacetan panjang berjam-jam?. Jika Anda mengalami kondisi seperti itu, sebaiknya matikan mesin mobil untuk menghemat BBM.

Jangan Pindahkan Gigi pada Posisi ‘P’ saat Mobil Masih Bergerak
Saat hendak memarkir mobil, pastikan mobil sudah berhenti sepenuhnya sebelum memindahkan transmisi ke posisi ‘P’. (detik.com/Salimah)


Tirto.ID
Loading...

Komentar