Guys, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Mood Kita

Guys, Ini 5 Makanan dan Minuman yang Bisa Meningkatkan Mood Kita
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Makanan dan minuman merupakan suatu hal yang menjadi keperluan pokok kita sehari-hari.

Tak jarang juga mood seseorang itu bergantung pada makanan dan minuman yang kita konsumsi. Bisa saja orang yang lapar moodnya menjadi buruk, atau mereka memakan makanan yang tidak cocok dengan seleranya.

Ada empat hormon utama yang menjaga mood kita tetap bahagia, yakni dopamin, serotonin, endorfin, dan oksitosin.

Apa saja makanan yang dapat meningkatkan mood kita? Mari kita bahas.

Cokelat

Cokelat bisa memicu rasa bahagia dalam diri kita. Namun, tidak semua cokelat melainkan jenis cokelat hitam dengan kandungan kokoa lebih banyak (dark chocolate).
Dark chocolate mengandung banyak antioksidan yang bisa meningkatkan perasaan secara alami dengan hadirnya N-acylethanolamine, senyawa kimia yang menstimulasi otak untuk melepaskan endorfin.

Itulah mengapa kita seperti mengalami euforia setelah mengkonsumsi cokelat berwarna pekat ini. Dark chocolate juga mampu meningkatkan sistem imun, menyehatkan jantung dan meningkatkan fungsi kognitif.

Alpukat

Alpukat mengandung asam lemak omega-3 yang dikaitkan dengan kesehatan otak dan mengatur perasaan. Buah ini juga mengandung Vitamin B3 yang mampu meningkatkan serotonin.

Tomat ceri

Tomat adalah sumber likopen, antioksidan yang melindungi otak dan melawan depresi. Para peneliti menemukan bahwa salah satu manfaat terbesar likopen adalah pencegahan komponen pro-inflamasi (peradangan) yang sering dikaitkan dengan depresi.

Kacang dan biji-bijian

Kacang mengandung banyak Vitamin B, asam lemak omega-3, magnesium, dan seng yang bisa menjaga agar tingkat hormon stres kortisol tetap rendah.

Kacang-kacangan seperti kenari, almond dan biji-bijian seperti labu juga bisa menstimulasi produksi endorfin yang nantinya akan dilepaskan ke aliran darah untuk memunculkan rasa euforia, pelepas stres dan meningkatkan rasa bahagia. Baca juga: Quality Time bersama Keluarga Bisa Rasakan Berton-ton Kebahagiaan

Susu

Susu dikenal sebagai peningkat perasaan karena mengandung komponen triptofan yang akan dikonversi menjadi serotonin, hormon bahagia yang membantu meningkatkan perasaan. Protein yang terkandung dalam susu yang diketahui sebagai laktium mampu memberikan efek menenangkan terhadap tubuh.

Namun, di samping mengkonsumsi makanan dan minuman yang bisa memicu rasa bajagia, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan perasaan kita. Tertawa, misalnya, adalah cara lain untuk memicu pelepasan hormon bahagia.

Sebab, tertawa menyebabkan pelepasan hormon yang membuat perasaan kita menjadi nyaman dan mampu membantu mengurangi sakit fisik. Olahraga juga bisa membuat kita lebih bahagia. Olahraga setiap harinya sekitar 20 menit saja sudah bisa melepaskan hormon dopamin dan serotonin.

Selain itu, menurut para peneliti, pijat juga bisa mengurangi level kortisol sekitar 31 persen serta meningkatkan level serotonin dan dopamin hingga masing-masing 28 persen dan 31 persen. Jika ingin mendapatkan efek bahagia yang lebih besar, kamu mungkin bisa melakukan meditasi. Sebab, menurut sebuah studi, meditasi dinilai bisa meningkatkan dopamin hingga 65 persen.

Nah, Itu dia 5 Makanan yang dapat meningkatkan mood kita guys. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat ya. (kompas.com/Anek)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.