Umat Muslim, Ini Pembahasan Tentang Mencabut Uban dalam Islam

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini Pembahasan Tentang Mencabut Uban dalam Islam
ilustrasi

PortalMadura.Com – Seiring dengan berjalannya waktu, Usia pada manusia akan bertambah diikuti juga dengan perubahan-perubahan fisik serta psikisnya. Tubuh yang dulunya kuat akan melemah, rambut yang dulunya hitam akan memutih, yang dulunya tampan dan cantik kini hanya tinggal wajah yang dipenuhi kulit yang keriput.

Sebagaimana Allah berfirman, “Dialah yang menciptakan kamu dari keadaan lemah, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah keadaan lemah itu menjadi kuat, kemudian Dia menjadikan (kamu) sesudah kuat itu lemah (kembali) dan beruban. Dia menciptakan apa yang dikehendaki-Nya dan Dialah Yang Maha Mengetahui lagi Maha Kuasa.” (QS. Ar Ruum: 54)

Banyak orang tidak nyaman dengan rambutnya yang beruban sehingga mereka cabut atau menyemirnya dengan warna hitam agar terlihat lebih muda.

Lalu bagaimana islam menanggapi hal tersebut? Mari kita bahas.

Sebenarnya, umat Islam tidak diperbolehkan untuk mencabut -uban mereka. Mengapa demikian? Pasalnya, uban ternyata adalah cahaya bagi para mukmin. Selain itu, uban tersebut juga akan dihitung sebagai suatu kebaikan yang akan meninggikan derajat seorang mukmin. Sebagaimana disebutkan dalam hadis berikut ini,

“Uban adalah cahaya bagi seorang mukmin. Tidaklah seseorang beruban –walaupun sehelai- dalam Islam melainkan setiap ubannya akan dihitung sebagai suatu kebaikan dan akan meninggikan derajatnya.” (HR. Al Baihaqi)

Dengan demikian, uban sebenarnya dilarang untuk dicabut. Rasulullah SAW bersabda, “Janganlah mencabut uban. Tidaklah seorang muslim yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, melainkan uban tersebut akan menjadi cahaya baginya pada hari kiamat nanti.” (HR. Abu Daud dan An Nasa'i)

Sedangkan dalam hadis lain juga disebutkan, “Janganlah mencabut uban karena uban adalah cahaya pada hari kiamat nanti. Siapa saja yang beruban dalam Islam walaupun sehelai, maka dengan uban itu akan dicatat baginya satu kebaikan, dengan uban itu akan dihapuskan kesalahan, juga dengannya akan ditinggikan derajat.” (HR. Ibnu Hibban)

Itulah penjelasan tentang uban yang sebenarnya tidak diperbolehkan untuk dicabut. Jangan takut untuk terlihat tua, karena tua itu pasti. Semoga bermanfaat ya umat muslim, Amiinn. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.