oleh

Guys, Ini 6 Tips Memulihkan Hati yang Telah Tersakiti

PortalMadura.Com – Dalam hidup patah hati sudah pasti dirasakan oleh orang-orang yang sudah menjalin sebuah hubungan namun kandas ditengah jalan atau mereka yang ditolak cintanya.

Akan tetapi bukan pencari cinta namanya kalau kita hanya berhenti disitu dan susah sekali move on dari orang yang sebenarnya sudah tidak menginginkan kita.

Meski masalahnya adalah, kadang kala rasa sakit akibat cinta itu menimbulkan rasa trauma yang membuat seseorang takut membuka hati kembali untuk orang lain. Jangan khawatir. Kamu tidak sendiri. Ada banyak orang yang juga kesulitan untuk kembali membuka hati setelah tersakiti oleh cinta.

Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan jika kalian berusaha untuk kembali membuka hati.

Lepaskan rasa sakit dari masa lalu

Seperti pepatah yang mengatakan, kalian tak akan bisa menggapai masa depan jika terus terikat dengan masa lalu. Karena itu, langkah yang paling penting untuk kembali membuka hati adalah melepaskan beban masa lalu dan rasa sakit yang pernah kalian rasakan. Jadikan rasa sakit di masa lalu sebagai pembelajaran, dan segera tinggalkan.

Selain itu, ingat bahwa kalian berkuasa atas apa yang kalian rasakan. Masa lalu tak akan bisa menyentuh kalian jika tidak kalian ijinkan. Jadi, mulailah berfokus pada perjalanan saat ini dan masa depan. Biar masa lalu tetap di belakang.

Maafkan orang yang menyakitimu

Seorang bijak pernah berkata bahwa ketika kalian terus memendam dendam pada seseorang, berarti kalian masih terus terikat padanya. Memaafkan adalah satu-satunya cara untuk terbebas dari dendam dan bayangan orang yang pernah menyakiti kalian.

Lagipula, terus memendam amarah dan kebencian hanya akan meracuni kedamaian jiwa kalian sendiri. Jadi, maafkanlah orang yang telah menyakiti kalian, meski dia tak pernah meminta maaf sekalipun. Memaafkan adalah jalan pembebasan untuk diri kalian sendiri.

Batasi harapan

Setiap orang yang pernah merasakan sakit tentu berharap hubungan mereka yang selanjutnya akan lebih baik, atau bahkan menjadi yang terbaik. Tetapi sebaiknya batasi harapan agar tidak terlalu berlebihan dan membutakan. Tak ada hubungan yang sempurna jadi jangan mengharapkan hubungan yang tanpa cela dengan orang yang kalian temui selanjutnya.

Nikmati saja apa yang ditawarkan oleh kehidupan pada kalian. Jangan terlalu terburu-buru atau menuntut. Juga jangan memasang harapan terlalu tinggi agar kalian tidak kecewa berlebihan.

Belajar mencintai diri sendiri

Seringkali banyak orang berusaha mencintai orang lain tetapi lupa untuk mencintai diri mereka sendiri. Bagaimana kalian bisa berharap orang lain akan mencintai kalian jika kalian tak mencintai diri sendiri? Mulai sekarang belajarlah untuk mencintai diri kalian sendiri. Perlakukan diri kalian dengan baik, dengan hormat, dan penghargaan.

Rasa cinta pada diri sendiri akan memancarkan keindahan tersendiri yang nantinya akan menarik orang lain untuk mencintai kalian. Sebelum membuka hati untuk mencintai orang lain, ada baiknya kalian belajar mencintai diri sendiri.

Jangan bandingkan semua orang dengan mantan

Ketika bertemu dengan orang yang baru terkadang kalian akan mulai membanding-bandingkan dengan mantan dan tentang apa yang sudah dilakukan oleh mantan pada kalian. Ini memang wajar terjadi, tapi sangat berbahaya jika dibiarkan. Kalian tak bisa terus-terusan membandingkan semua orang yang datang dengan mantan yang telah menyakiti kalian. Ini hanya akan menyebabkan ketakutan dan penolakan yang tak berujung.

Setiap orang memiliki keunikan, sifat, dan kelebihannya sendiri. Lihatlah mereka seperti diri mereka dan jangan terus membandingkan dengan mantan. Mantan kalian barangkali memiliki kualitas yang baik dan kalian inginkan, tetapi terus terobsesi dengan kualitas yang dimiliki mantan tak akan membawa kalian ke manapun.

Fokus pada hal positif

Salah satu hal yang menghalangi seseorang membuka hati adalah bahwa mereka selalu berfokus pada hal negatif. Ini bisa terjadi karena rasa sakit hati yang masih terasa, yang pada akhirnya menimbulkan kecurigaan besar pada orang lain yang mendekat. Meski begitu, jangan biarkan pikiran-pikiran negatif itu terus menghantui kalian. Mulai saat ini belajarlah untuk lebih fokus pada hal positif yang terjadi.

Mengalami kegagalan dalam hal cinta bukan akhir dari segalanya. Juga bukan berarti tak akan ada lagi cinta yang baru untuk kalian. Karena itu, mulai sat ini belajarlah membuka hati dan menghilangkan sakit hati akibat masa lalu. Jangan biarkan cinta yang baru menunggu terlalu lama.

Itulah beberapa tips agar kamu bisa kembali membuka hati setelah tersakiti. Tetap semangat, semoga bermanfaat. (merdeka.com/Anek)

Loading...
Loading...