Guys, Ini Dia 8 Tips Mudah Merawat Motor Matik Agar Awet

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini Dia 8 Tips Mudah Merawat Motor Matik Agar Awet
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini sudah banyak ditemukan pengendara sepeda motor matik di jalanan. Peminatnya pun kebanyakan para wanita. Namun, perawatan motor yang satu ini agak berbeda dengan perawatan motor gigi manual.

Bahkan, motor jenis ini membutuhkan perawatan khusus dari sang pemilik, terlebih sekarang sudah banyak menggunakan teknologi injeksi yang tentunya membutuhkan tenaga ekstra keras karena tidak semudah menggunakan karburator. Lalu, bagaimana cara merawat motor matik agar tetap awet dan tahan lama?.

Berikut delapan cara mudah merawat motor matik supaya tetap awet:

Panasi Motor Terlebih dahulu sebelum Digunakan
Hal yang tidak wajar, saat motor dibutuhkan Anda langsung tancap gas tanpa melakukan pemanasan pada mesin motor.Coba biasakan sebelum motor digunakan panasi terlebih dahulu mesin motor Anda.

Hal ini, agar oli keseluruhan bisa tercampur di dalam mesin sehingga performance bisa maksimal. Untuk melakukan pemanasan mesin cukup menghidupkan selama 5 sampai 10 Menit.

Jangan Sering Mengubah Kecepatan Laju
Nah, mungkin bagi kalangan anak mudah kebut-kebutan adalah hal yang wajar. Usahakan dalam menggunakan motor matik, jangan dalam kecepatan kencang, kemudian tiba-tiba mengerem mendadak dan menarik gas lagi hingga kencang serta mengerem lagi. Hal tersebut tentu akan membuat mesin motor matik Anda cepet rusak.

Selalu Cek Bahan Bakar (Bensin)
Kebanyakan orang saat bensin mau habis baru melakukan pengisian. Ada juga yang lebih parah lagi, sampai motor tidak bisa dijalankan baru di isi bahan bakar (bensin).

Nah, hal itu jangan sampai terulang kembali, usahakan jarum penunjuk bahan bakar jangan sampai di posisi E atau empty. Anda harus selalu mengisi bensin motor sebelum kosong.

Rutin untuk Selalu Mengganti Oli Motor
Bagi Anda yang mempunyai motor matik, usahakan untuk rutin mengganti oli motor. Untuk jadwal pergantian oli motor itu dilakukan setiap 1000 KM dan untuk pergantian oli transmisi motor maksimal ketika motor sudah mencapai 5000 KM.

Periksa Kondisi Aki dan Busi
Dua komponen motor ini harus tetep dijaga agar performance motor tetap stabil, selain itu agar tidak mudah mogok saat berkendara baik perjalanan jauh atau pendek.

Busi juga sangat berguna agar motor tetap melaju dengan kecang. Jika komponen aki dan busi tidak berfungsi sebagaimana mestinya, maka segera ganti dengan yang baru dan usahakan dari bengkel yang resmi.

Periksa Roler dan Ventbelt
Jika pada motor bebek maka yang di cek adalah rantai motor dan gear sedangkan untuk motor matik Anda harus melakukan pengecekan pada roler dan ventbelt.

Jika saat Anda cek sudah dalam keadaan tidak layak pakai, tentunya usahakan untuk menggantinya dengan yang baru kalau bisa standard (orisinil).

Ganti Oli Shockbreaker
Oli juga bukan hanya terdapat pada mesin motor, tapi oli juga terdapat pada shockbreaker. Nah, hal tersebut juga perlu adanya pergantian. Tujuannya tidak lain agar shock motor tetep berfungsi sebagaimana mestinya. Untuk pergantian sendiri zhock motor bisa diganti setiap motor mencapai 10.000 KM.

Gunakan Bensin Berkualitas
Tidak jarang ada saja orang orang yang menjual bensin campuran, pastinya Anda harus berhati-hati. Kualitas bensin sangat mempengaruhi kualitas mesin motor Anda.

Sebaiknya, untuk mengisi bensin motor carilah tepat yang dikelola oleh pemerintah (Pom bensin) atau tempat-tempat penjual bensin yang memang sudah dipercaya.

Nah, cukup mudah bukan?. Jika Anda terus melakukan perawatan dengan baik, maka motor matik yang Anda miliki akan terjamin keawetnya. (modifikasi.co.id/Lala)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.