Guys, Ini Manfaat Hidup Disiplin dan Teratur

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Ini Manfaat Hidup Disiplin dan Teratur
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Dalam hidup, ada dua tipe manusia yaitu mereka yang suka mengerjakan segala sesuatu sesusakanya dan mepet deadline, dan mereka yang terbiasa beraktivitas mengikuti jadwal yang terinci. Termasuk tipe yang manakah Anda?.

Bila Anda termasuk pada tipe kedua yang biasa hidup teratur, tampaknya Anda harus berbangga hati. Kebiasaan tersebut selain memudahkan untuk rutinitas sehari-hari, ternyata juga membawa banyak manfaat bagi kesehatan.

Memiliki kebiasaan hidup teratur dan lebih terorganisir adalah kunci untuk mencapai keseimbangan antara kesehatan fisik dan kesejahteraan mental. Berikut beberapa manfaat bila Anda hidup teratur dan rapi.

1. Mengurangi stres dan depresi

Sebuah penelitian yang dimuat di Journal of Personality and Sosial Psycholigy Bulletin, dijelaskan bahwa kebiasaan hidup disiplin dapat membuat Anda menyelesaikan segala pekerjaan dengan lebih efektif. Sehingga hal tersebut akan mengangkat beban mental dari bayang-bayang deadline dan pekerjaan lain yang mengikuti.

Dampak dari hidup teratur bagi tubuh Anda adalah pelepasan kadar hormon stres yang lebih terkendali, sehingga Anda akan merasa lebih santai dan bahagia. Sebaliknya, jika terbiasa hidup tidak teratur atau berantakan seperti membiarkan meja kerja dan tempat tidur berantakan serta suka menunda-nunda pekerjaan, hal tersebut justru dapat membuat kadar kortisol dalam tubuh tetap tinggi.

Dalam jangka panjang, hormon kortisol yang terlalu tinggi dapat berdampak buruk pada suasana hati, pola tidur, dan juga kesehatan tubuh secara umum. Kadar kortisol yang terlalu tinggi bisa berdampak pada perkembangan penyakit jantung, tumpukan lemak perut, dan bahkan depresi.

Nah mulai sekarang, buatlah jadwal tertulis semua aktifitas Anda terutama dalam hal pekerjaan kapan harus memulai dan menyelesaikannya. Bila perlu, buatlah alarm pengingat di kalender handphone Anda.

2. Pola Makan Lebih Baik

Terbiasa hidup disiplin dapat membuat Anda memiliki pola makan yang lebih teratur. Karena Anda mengetahui jadwal sehari-hari, Anda dapat memperkirakan kapan waktu yang paling ideal untuk sarapan, makan siang, dan makan malam, dan kemudian menyelipkannya di sela-sela rutinitas.

Tahukah Anda manfaat dari makan teratur?. Ya, Makan teratur dapat menjauhkan diri dari risiko obesitas, tekanan darah tinggi, hingga diabetes. Sebaliknya, makan tidak teratur justru mengganggu kerja jam biologis tubuh atau ritme sirkadian untuk mengatur nafsu makan dan kerja sistem pencernaan untuk mencerna dan menyerap makanan. Tidak hanya itu, pola makan yang teratur juga dapat menghindari kebiasaan makan berlebihan dan menginginkan makan makanan manis akibat stres.

Sebuah penelitian dari Journal of Psychological Science membuktikan, ketika disediakan dua pilihan snack antara buah apel dan cokelat, orang-orang yang bekerja di ruangan kerja yang rapi lebih refleks untuk mengambil apel. Sementara itu, orang-orang yang kerja di ruangan berantakan tanpa sadar langsung mengambil cokelat.

3. Lebih Disiplin Berolahraga

Mereka yang terbiasa hidup disiplin pasti memiliki rencana dan tujuan yang tidak berlebihan. Seperti, saat Anda mau melakukan apa saja hari ini dan bagaimana cara mencapainya. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat memengaruhi kedisiplinan untuk berolahraga secara teratur.

Menurut Journal of Obesity, seseorang yang memiliki tujuan dan rencana olahraga spesifik, serta selalu mencatat setiap pencapaiannya, akan cenderung lebih disiplin berolahraga dan mendapatkan hasil yang lebih optimal ketimbang orang yang pergi ke gym tanpa memiliki rencana dan tujuan yang pasti.

Anda akan lebih menyadari setiap kemajuan yang telah dicapai dan apa saja yang kurang berhasil dengan memiliki pogram dan rencana yang lebih rinci. Dan pada akhirnya, hal tersebut akan membuat Anda lebih termotivasi untuk mewujudkan rencana itu.

Guys dari sekarang, tulislah rencana olahraga, kemudian evaluasi apakah setiap hari sudah melakukan rencana tersebut atau belum.

4. Hubungan Sosial yang Lebih Intim dan Harmonis

Keuntungan lain dari hidup disiplin adalah berdampak pada dunia sosial Anda yang ada disekitar. Hal tersebut karena mereka sudah dapat memprioritasikan apa yang penting, sehingga bisa menyediakan waktu luang untuk orang-orang tercinta.

Salah satu kunci untuk menangkal depresi dan berbagai penyakit adalah dengan memiliki hubungan yang bahagia dengan teman, keluarga, dan pasangan. Sebaliknya, kehidupan yang tidak teratur dan tidak terorganisir dengan baik dapat mengacaukan semua itu.

Bagi berumah tangga, kekacauan di rumah dapat menciptakan ketegangan dan konflik yang tidak diduga. Contohnya, pada saat Anda lupa menaruh barang penting di rumah, Anda akan lebih sibuk mencari sehingga mengurangi waktu bersama pasangan atau keluarga Anda. Anda bahkan bisa berdebat dengan pasangan tentang letak barang tersebut dan siapa yang terakhir kali menggunakannya. Rumah yang berantakan juga dapat mencegah niat mengundang teman-teman untuk berkunjung.

5. Lebih produktif

Manfaat lain yang tidak bisa diragukan lagi dari hidup teratur adalah lebih fokus dalam mengerjakan sesuatu. Sehingga, Anda dapat menyelesaikan satu persatu tugas tanpa takut dikejar deadline. Sebaliknya, hidup yang berantakan membuat Anda rentan bekerja multitasking yang bisa jadi senjata makan tuan bagi produktivitas.

Saat di kantor atau tempat kerja lebih terorganisir, maka tentu Anda akan bekerja lebih efisien dan lebih produktif. Ini artinya tidak ada lagi yang namanya bekerja lembur karena bisa pulang lebih cepat, sehingga punya waktu luang lebih banyak untuk rileks dan bersantai.

6. Berat Badan Ideal

Kebiasaan hidup teratur dan terorganisir akan membantu menjadi lebih sadar dan mengatur apa yang Anda makan. Ditambah hidup teratur yang membuat lebih disiplin dalam berolahraga.

Menjalankan hidup sehat membutuhkan rencana atau persiapan. Ketika lebih terorganisir, Anda lebih mungkin untuk membuat rencana makan sehat, berbelanja bahan makanan sehat, atau hal lain yang berkaitan dengan rencana hidup sehat. Pada akhirnya, hal tersebut dapat membantu mencapai berat badan ideal impian.

7. Tidur Lebih Nyenyak

Memiliki kebiasaan hidup teratur tentu pasti tahu benar kapan harus pergi tidur, seberapa lama tidur, dan kapan harus bangun pagi. Pola tidur yang lebih bersih dan rapi dapat membuat Anda terlelap lebih nyenyak, serta terhindar dari berbagai risiko penyakit.

Hidup yang tidak teratur cenderung membuat Anda sering begadang, hal tersebut dapat berakibat buruk pada kesehatan, tidak hanya kesehatan fisik namun kesehatan mental.

Menurut survei yang dilakukan oleh National Sleep Foundation, orang yang tidur di kamar yang rapi terbukti bisa tidur lebih nyenyak.

Maka dari itu, jagalah selalu kamar tidur Anda agar tetap rapi sehingga Anda akan mendapatkan tidur yang berkualitas.(kompas.com/Nanik)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.