Guys, Ini Tips Bikin Helm Tak Mudah Bau

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Ini Tips Bikin Helm Tak Mudah Bau
Ilustrasi (aripitstop.com)

PortalMadura.Com – Bagi pengguna motor, melindungi kepala dengan menggunakan menjadi suatu kewajiban untuk mencegah terjadinya benturan atau hal lain yang tidak diinginkan. Akan tetapi, helm yang sering digunakan kerap menimbulkan aroma yang tidak sedap, sehingga banyak orang mencucinya demi menghilangkan bau pada helm.

Selain cara itu, ada tips lain yang bisa digunakan bagi Anda yang sering berkendara yaitu menggunakan atau karib. Alat ini berfungsi untuk melindungi kepala dari terpaan angin dan sebagai pelindung hidung dari asap dan gas berbaya.

Balaclava atau yang biasa disebut masker topeng ini sudah banyak dijual di pasaran. Balaclava sebenarnya sudah lama dipakai di ajang olahraga otomotif, dan kemudian banyak dipakai oleh komunitas pengendara sepeda motor saat berkendara.

Berbeda dengan masker pada umumnya, masker ini bukan hanya sekadar melindungi hidung dan mulut biker dari asap atau kotoran saat berkendara, balaclava juga membantu menyerap keringat saat menggunakan helm.

Menurut Sales and Distribution Arai Indonesia (Cargloss Group), Eric Yusup, selain kedua fungsi utama itu, balaclava juga memiliki fungsi untuk menjaga kebersihan helm.

“Kalau mau helm awet dan enggak cepat bau, pakai aja balaclava. Itu kan cucinya lebih mudah daripada harus cuci helm,” kata Eric.

Lebih lanjut, Erik mengatakan bahwa kemampuan masker topeng untuk menahan keringat juga menjadi keuntungan bagi biker. Busa dan permukaan helm tidak mudah lembab dan bau akibat keringat yang menempel selama pengendara memakai helm.

“Kalau pakai balaclava beberapa kali, terus mulai kerasa kotor atau bau tinggal cuci. Kemudian balaclava ini kan bisa nahan keringat saat pakai helm,” ujar dia.

Eric mengatakan, soal kenyamanan memakai masker topeng kembali kepada kebiasaan biker itu sendiri. Sebab balaclava atau masker topeng dirancang cukup tipis agar tetap nyaman saat nantinya memakai helm.

“Logikanya sederhana, memang mending pakai balaclava ketimbang harus cuci helm akibat bau dan kotor karena keringat. Lagipula, bedanya tipis kalau pakai balaclava atau enggak. Helm itu harus ngepres kepala tapi jangan kebanyakan selanya, nah pakai ini juga bisa jadi solusi,” kata Eric.
(viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.