Guys, Jangan Abaikan 4 Gejala Mata Kering Ini

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Jangan Abaikan 4 Gejala Mata Kering Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu panca indra yang sangat diperlukan makhluk hidup yaitu mata. Karena dengan mata semua akan tampak jelas, sehingga yang perlu dilakukan ialah bersyukur atas anugerah penglihatan yang sehat. Oleh karena itu, jaga kesehatan mata dengan sebaik munkin.

Penyakit yang sering menyerang mata yaitu . Umumnya dokter mata menggolongkan penyakit mata kering ke dalam dua kelompok, yaitu mereka yang kekurangan produksi air mata dan kurang kelembapan sehingga air mata menguap terlalu cepat dari permukaan mata.

Berikut ini beberapa gejala mata kering yang tidak boleh diabaikan:

Mata Merah
Pembengkakan pembuluh darah di lapisan putih bagian luar bola mata bisa menyebabkan mata memerah. Jika Anda tidak memiliki infeksi mata atau alergi, ini menandakan mata Anda sangat kering.

Kemerahan dan peradangan terjadi karena disfungsi kelenjar meibomian, yang berarti kelenjar minyak kecil yang melapisi kelopak mata tidak menghasilkan atau melepaskan pelumasan yang cukup.

Mata yang Serasa Berpasir
Mata kering sering terasa berpasir, beberapa orang menggambarkannya sebagai sensasi benda asing, seolah ada sesuatu yang menyakitkan bersarang di salah satu atau kedua matanya. Hal ini bisa disebabkan oleh kotoran atau riasan yang menempel di dalam mata.

Sensitif Terhadap Cahaya
Orang dengan air mata yang tidak mencukupi mungkin mengalami fotofobia, atau sensitivitas yang ekstrem terhadap cahaya. Seperti yang tidak dijelaskan oleh Yayasan Mata Kering, ini bisa bersifat sementara atau konstan dan terjadi pada semua jenis cahaya.

Orang dengan fotofobia mungkin menyipitkan mata atau menutup mata saat terpapar cahaya. Jumlah ketidaknyamanan juga bisa berbeda. Beberapa orang mungkin mengalami rasa sakit yang luar biasa saat ujung saraf di mata bersentuhan dengan cahaya sementara ada juga yang mengeluh cahaya terlalu terang.

Sel peka cahaya di retina, lapisan jaringan yang melapisi bagian belakang mata, bertanggung jawab atas ketidaknyamanan tersebut, menurut Perhimpunan Neuro-Oftalmologi Amerika Utara. Diperkirakan sel-sel ini memiliki koneksi dengan saraf yang bertanggung jawab untuk menyampaikan informasi sensorik ke kepala dan wajah.

Mudah Iritasi
Mata sering kali ditempa angin, asap, udara kering, asap produk pembersih dan polusi. Warren Eye Dry Eye Foundation mengatakan kornea, atau jendela mata, memiliki 300 sampai 600 kali lebih banyak ujung saraf daripada bagian tubuh lainnya.

Nah, selagi mata masih terasa sehat. Jangan lupa untuk senantiasa menjaga kesehatannya seperti perbanyak makan buah serta sayur mayur. Dan jika perlu gunakan kacamata pelindung UV atau bisa juga dengan menggunakan kacamata anti radiasi. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.