Guys, Kenali 4 Penyebab Anda Selalu Gagal Kelola Keuangan

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Kenali 4 Penyebab Anda Selalu Gagal Kelola Keuangan
ilustrasi

PortalMadura.Com – Pintar dalam mengatur pribadi menjadi prioritas penting dalam kehidupan sehari-hari. Hal itu tidak peduli apa pun latar belakang pendidikan dan pekerjaan mereka. Sebab, dengan pengetahuan pengelolaan keuangan pribadi yang mumpuni, seseorang bisa menghindari sikap boros atau utang yang melilit kehidupan.

Sayangnya, meskipun telah memiliki pengetahuan tentang finansial, terkadang kesulitan saat mengelola keuangan pribadi masih kerap ditemukan. Untuk itu, Anda perlu mengetahui penyebab kegagalan Anda dalam mengelola keuangan.

Berikut empat penyebab Anda gagal mengelola uang:

Lingkungan Pergaulan yang Kurang Sehat
Jika saat ini Anda berada dalam lingkungan orang-orang yang hobi belanja dan jalan-jalan ke luar negeri, maka Anda perlu berhati-hati. Sebab, kemungkinan besar Anda bisa saja terbawa oleh kebiasaan mereka yang menjadikan diri sebagai pribadi yang konsumtif.

Setiap orang memiliki latar belakang keuangan yang berbeda-beda. Ada orang yang bisa memperoleh penghasilan besar namun ada juga orang yang hidupnya serba pas-pasan. Gaya hidup Anda sudah seharusnya disesuaikan dengan kondisi finansial Anda saat ini. Jangan memaksakan kehendak atau mengikuti gaya hidup orang lain karena itu hanya akan berdampak buruk bagi kehidupan Anda.

Kebiasaan Belanja Impulsif
Tahukah apa yang dimaksud dengan belanja impulsif?. Ketika tengah berbelanja di sebuah supermarket untuk membeli bahan makanan tertentu, misalnya sembako, tiba-tiba Anda melihat diskon besar untuk produk kecantikan. Karena sedang diskon, Anda pun tertarik untuk membelinya tanpa berpikir panjang terlebih dahulu. Itulah yang dimaksud dengan belanja impulsif.

Salah satu cara untuk mencegah dari impulsif dalam belanja adalah membuat catatan atau daftar kebutuhan yang akan dibeli dan menahan diri agar tidak mengambil barang-barang yang tidak dibutuhkan.

Malas dan Sering Menunda-nunda
Malas dan sering menunda pekerjaan merupakan alasan klise yang menjadi salah satu penyebab utama seseorang mengalami kesulitan dalam menjaga anggaran pengeluaran agar terkontrol dengan baik.

Selain malas berkomitmen dengan jumlah uang yang dikeluarkan setiap bulan, ada pula yang memang suka menunda penghematan. Contohnya, yaitu hari ini sudah terlanjur makan di restoran karena kebetulan teman-teman mengajak makan di restoran. Lalu Anda berjanji pada diri sendiri bahwa mulai besok akan masak dan membawa bekal sendiri.

Ternyata, keesokan harinya malah terlambat bangun dan terlalu sibuk untuk memasak dan pada akhirnya kembali makan di luar bersama teman-teman. Hal ini terjadi tidak hanya sekali dua kali, tetapi berulang kali hingga akhirnya memutuskan untuk sering makan atau membeli makanan di luar. Jika seperti ini, kapan Anda bisa mulai berhemat?.

Tidak Punya Tujuan
Sebagian orang berpikir bahwa dirinya masih muda atau masih sehat sehingga waktu yang dimiliki digunakan sebaik-baiknya untuk bersenang-senang. Sayangnya, pemikiran semacam itu sering membuat seseorang menghabiskan banyak uang dan waktu hanya demi kesenangan sekejap yang sebenarnya tidak membawa manfaat untuk masa depan.

Berpikirlah secara ,yakni tentang bagaimana caranya Anda bisa tetap menikmati hidup sambil mempersiapkan masa depan yang cerah. Sebenarnya, sekarang ini terdapat berbagai cara menghemat yang tidak sulit dan justru menyenangkan di mana Anda bisa bersenang-senang sambil menabung untuk masa depan.

Misalnya, Anda bisa memanfaatkan kartu kredit untuk tetap berhemat. Selama kartu kredit digunakan sesuai dengan kebutuhan, maka ia dapat membantu untuk berhemat banyak. (suara.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.