Inilah 3 Cara Jitu Optimalkan Penggunaan MicroSD di Perangkat Android

Avatar of PortalMadura.com
Inilah 3 Cara Jitu Optimalkan Penggunaan MicroSD di Perangkat Android
ilustrasi

PortalMadura.Com atau kartu memori eksternal sampai saat ini masih menjadi bagian vital dari sebuah smartphone android. Pasalnya, alat ini dapat membantu pengguna yang membutuhkan kapasitas penyimpanan lebih besar.

Akan tetapi, bukan berarti penggunaan MicroSD akan menjadi solusi langsung untuk mendapatkan kapasitas memori lebih besar. Pengguna juga harus memerhatikan beberapa hal sebelum memakai MicroSD agar mendapat hasil optimal. Lantas, apa saja hal yang harus diperhatikan saat menggunakan MicroSD untuk memperluas kapasitas penyimpanan di perangkat?.

Berikut tiga cara mengoptimalkan penggunaan microSD di :

Pilih MicroSD yang Paling Sesuai
Langkah pertama adalah mengetahui kapasitas penyimpanan MicroSD yang dapat digunakan di perangkat Anda. Selain itu, Anda juga perlu memerhatikan kecepatan kartu yang digunakan.

Dengan dua hal ini, Anda akan mendapatkan kemampuan MicroSD yang lebih optimal. Namun perlu diperhatikan pula, seperti apa kebutuhan Anda agar dapat menyesuaikan dengan pilihan kartu memori yang akan digunakan.

Fomat dan Atur MicroSD
Setelah mendapatkan MicroSD yang sesuai, Anda perlu memformatnya terlebih dahulu. Akan tetapi, biasanya setelah MicroSD masuk, sistem akan menawarkan format secara otomatis.

Dengan melakukan format, Anda dapat mengubah MicroSD sebagai basis penyimpanan utama. Jika belum, Anda perlu melakukannya secara manual dengan membuka pengaturan ‘Storage', lalu pilih ‘Format as internal' yang terletak di pojok kanan.

Partisi MicroSD
Selain dua hal di atas, ada satu hal lagi yang dapat dipakai untuk mengoptimalkan pengguna MicroSD. Anda dapat membuat partisi dari MicroSD itu menjadi penyimpanan internal dan eksternal.

Lewat cara ini, Anda dapat menyelesaikan sejumlah kendala, seperti masalah saat mentransfer data dari dan ke MicroSD. Tidak hanya itu saja, cara ini juga dapat mengenkripsi bagian kartu yang sensitif, sehingga tidak dapat dibaca oleh pihak ketiga. (liputan6.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.