Guys, Kenali 9 Alergi Unik yang Bisa Kenai Tubuh Anda

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Kenali 9 Alergi Unik yang Bisa Kenai Tubuh Anda
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Alergi merupakan over-reaksi sistem kekebalan masing-masing orang terhadap protein atau zat yang asing bagi tubuhnya. Setiap orang pasti pernah mengalami alergi. Ada beberapa macam reaksi alergi yang menyerang manusia seperti bersin, sesak napas, mengi, mata dan hidung berair dan lain sebagainya.

Namun, ada juga alergi yang bersifat musiman dan ada yang terjadi sepanjang tahun. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir jika terserang alergi karena itu merupakan reaksi imun Anda terhadap zat asing yang masuk dalam tubuh.

Nah, ini beberapa jenis yang sering diderita manusia:

Alergi Musim
Karena perubahan musim dan efek pemanasan global, orang bisa menderita alergi. Perubahan cuaca yang tidak menentu ini akan menyebabkan perubahan tubuh pada beberapa orang seperti flu atau penyakit pernapasan.

Alergi Serbuk Sari
Beberapa tanaman seperti bunga, rumput, atau pohon akan menghasilkan serbuk halus yang disebut dengan serbuk sari. Serbuk ini cukup ringan untuk melewati udara dan menyebabkan alergi yang menghirupnya.

Alergi Makanan
Beberapa jenis makanan juga bisa menyebabkan alergi. Contohnya adalah makanan laut, kacang-kacangan, gandum, telur, atau susu. Reaksi alergi yang ditimbulkan adalah gatal, sakit perut, pusing, hingga kesulitan bernapas.

Alergi Antibiotik
Banyak antibiotik mengandung bahan kimia seperti penisilin dan amoksilin yang menyebabkan alergi pada beberapa orang. Gejala alergi antibiotik meliputi demam, gatal, dan ruam.

Alergi Debu
Karena polusi udara, orang juga bisa menderita alergi debu. Bahkan debu di rumah seperti debu furnitur dapat menyebabkan penyakit kulit dan sakit pernapasan.

Alergi Kucing
Mereka yang alergi dengan kucing sebenarnya merupakan penolakan terhadap protein pada air kencing kucing, air liur, dan serpihan kulitnya. Gejala alergi kucing meliputi batuk, mengi, kulit merah, gatal, dan ruam.

Alergi Sulfit
Sulfit merupakan salah satu jenis bahan kimia dan bisa memancing alergi. zat ini bisa ditemukan di dalam makanan kaleng seperti acar, buah kaleng, atau saus tomat kalengan.

Alergi Shiners
Alergi shiners merupakan salah satu jenis alergi yang sering terjadi selama musim dingin. Alergi ini menyebabkan terjadinya peningkatan aliran darah di dekat sinus dan ditandai dengan munculnya lingkaran hitam di bawah mata.

Alergi Sengatan Serangga
Ada jenis serangga yang bisa menyengat tubuh Anda. Dan ada pula orang yang mengalami alergi karenanya, karena kandungan zat kimia di dalamnya. Gejala alergi sengatan serangga meliputi gatal-gatal atau kesulitan untuk bernapas.

Alergi yang terjadi bisa berakibat fatal bagi kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu kenali tubuh Anda dan alergi yang kemungkinan Anda derita. (merdeka.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.