PortalMadura.com

Guys, Kenali Penyebab Bohlam Sepeda Motor Anda Kerap Mati

  • Minggu, 24 September 2017 | 15:00
Guys, Kenali Penyebab Bohlam Sepeda Motor Anda Kerap Mati
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini sepeda motor keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan lampu Automatic Headlights On (AHO). Fungsinya untuk meningkatkan visibilitas pengendara lain terhadap motor. Akan tetapi, apa jadinya jika tiba-tiba lampu motor mati.

Penyebabnya ada beberapa hal, pertama adalah usia pakai bohlam. Wajar karena bohlam bekerja terus menerus sejak mesin motor dihidupkan. Tinggal pastikan filamen bohlam, jika putus cukup ganti bohlam saja.

Faktor lainnya, yaitu plastik konektor di saklar lampu jauh dekat meleleh karena kepanasan. “Akan memicu korslet dan sekring lampu utama putus, makanya lampu tidak hidup sama sekali,” analisa seorang bengkel Jaw’s Speed, Heri Prasetyawan.

Harijadi Bangkalan
Ads by portalmadura

Adapun cara memperbaikinya cukup mudah, lepas sekring lampu utama yang putus dan ganti sekringnya. “Biasanya sudah disertakan sekring cadangan dari produsen motornya, tinggal ganti saja,” ujarnya.

Baca Juga:  Waspada! Stop Cuci Sepeda Motor Saat Mesin Masih Panas

Setelah itu, tentu harus mengganti saklar lampu jauh-dekat. Mengganti saklar ini pasti harus melepas dulu cover setang, untuk motor jenis bebek dan skutik.

Biasanya, harga saklar lampu yang beredar dipasaran tergantung dari merek motornya, tapi umumnya komponen itu tidak terlalu mahal. (metrotvnews.com/Salimah)

Loading...
Advertisement
Iklan Murah

Theme Wordpress Untuk Portal berita Professional