Guys, Kenali Penyebab Bohlam Sepeda Motor Anda Kerap Mati

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Kenali Penyebab Bohlam Sepeda Motor Anda Kerap Mati
ilustrasi

PortalMadura.Com – Saat ini keluaran terbaru umumnya sudah dilengkapi dengan lampu Automatic Headlights On (AHO). Fungsinya untuk meningkatkan visibilitas pengendara lain terhadap motor. Akan tetapi, apa jadinya jika tiba-tiba lampu motor mati.

Penyebabnya ada beberapa hal, pertama adalah usia pakai . Wajar karena bohlam bekerja terus menerus sejak mesin motor dihidupkan. Tinggal pastikan filamen bohlam, jika putus cukup ganti bohlam saja.

Faktor lainnya, yaitu plastik konektor di saklar lampu jauh dekat meleleh karena kepanasan. “Akan memicu korslet dan sekring lampu utama putus, makanya lampu tidak hidup sama sekali,” analisa seorang bengkel Jaw's Speed, Heri Prasetyawan.

Adapun cara memperbaikinya cukup mudah, lepas sekring lampu utama yang putus dan ganti sekringnya. “Biasanya sudah disertakan sekring cadangan dari produsen motornya, tinggal ganti saja,” ujarnya.

Setelah itu, tentu harus mengganti saklar lampu jauh-dekat. Mengganti saklar ini pasti harus melepas dulu cover setang, untuk motor jenis bebek dan skutik.

Biasanya, harga saklar lampu yang beredar dipasaran tergantung dari merek motornya, tapi umumnya komponen itu tidak terlalu mahal. (metrotvnews.com/Salimah)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.