Guys, Lakukan 4 Cara Ini Untuk Lebih Bahagia di 2019

Avatar of PortalMadura.com
Guys, Lakukan 4 Cara Ini Untuk Lebih Bahagia di 2019
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Semua orang pasti ingin merasakan kebahagiaan dalam hidupnya. Lebih bahagia menjadi resolusi tahun 2019 yang patut dilakukan. Karena harapan semua orang pasti selalu ingin lebih bahagia dari sebelumnya.

Terkadang menolak ajakan atau permintaan menjadi hal yang menyulitkan. Terlebih bila ajakan atau permintaan itu datang dari orang terdekat. Akan tetapi, mengiyakan saat sedang tidak mau dapat menyebabkan stres dan keengganan.

Sehingga setiap orang perlu memiliki keahlian untuk berani mengatakan tidak. Dengan begitu Anda dapat merasa bebas dari semua “keharusan” yang wajib dilakukan. Nah, inilah cara untuk mengatakan tidak agar hidup Anda lebih bahagia. Penasaran?

Berikut ulasannya:

Katakan Tidak Karena Merasa Pantas Untuk Itu
Waktu yang tepat untuk mengatakan tidak yaitu ketika dihadapkan dengan keputusan. Tanyakan pada diri sendiri pertanyaan-pertanyaan berikut, ‘Apakah saya punya waktu?’ , ‘Apakah saya ingin melakukan ini?’ , ‘Apakah ini akan bermanfaat bagi saya?’ , ‘Akankah saya benci melakukannya?’, ‘Jika saya mengatakan ya, apakah saya akan membuat alasan atau berbohong untuk keluar dari apa yang saya setujui?’.

Jawab pertanyaan-pertanyaan tersebut dengan jujur sehingga menjadi jelas hal-hal yang harus dilakukan. Selain itu, katakan tidak dengan mantap. Jangan goyahkah pendirian dengan mengatakan ‘mungkin’ atau ‘tidak, tapi’.

Tidak Untuk Keluarga
Menolak permintaan keluarga terutama orangtua rasanya merupakan hal yang paling sulit. Banyak orang yang tidak ingin keluarganya kecewa karena merasa ditolak. Terlebih kadang keluarga tidak bisa memahami alasan di balik penolakan tersebut. Tetapi, mengatakan ya terus-menerus dapat terasa melelahkan.

Tidak ada salahnya untuk mengatakan tidak sewaktu-waktu. Bersikaplah tegas saat menolak namun coba untuk menawarkan alternatif. Misalnya bila ada keluarga yang meminjam uang, tawarkan hanya setengah dari jumlah yang diminta yang bisa diberikan.

Tidak Untuk Teman
Banyak dari kita yang tidak ingin kehilangan teman. Oleh karenanya dapat dengan mudah meluluskan permintaan mereka. Beberapa bahkan mudah merasa bersalah karena menolak permintaan atau khawatir tidak disukai. Namun, jika selalu terfokus pada hal tersebut, maka tidak ada cukup waktu untuk menjaga diri sendiri.

Trik untuk mengatakan tidak kepada teman yaitu dengan menggunakan cara klasik seperti “itu bukan kamu, ini aku”. Bersikaplah singkat dan jujur serta jangan merasa terbebani untuk memberikan penjelasan. Di sisi lain, sebelum mengatakan ya atau tidak, cari tahu apakah benar-benar ingin melakukan apa pun yang diminta.

Tidak Untuk Media Sosial
Setelah merasa lebih nyaman karena berhasil mengatakan tidak kepada orang-orang dan undangan sosial, maka waktu yang dimiliki untuk menikmati hidup menjadi lebih banyak. Tapi jangan habiskan waktu tersebut untuk bermain media sosial.

Penelitian menunjukkan, seringnya memeriksa media sosial dapat meningkatkan kecemasan, depresi, dan perasaan kesepian. Bahkan media sosial telah dikaitkan dengan obesitas, penyakit jantung, dan kanker karena waktu habis untuk hal-hal yang tidak berguna.

Mulailah mencatat lama waktu yang dihabiskan untuk bermain ponsel di luar menggunakannya untuk bekerja. Cara ini akan memberi gambaran realistis tentang waktu yang hilang ketika bermain media sosial. Selanjutnya tetapkan tujuan untuk mengurangi bermain media sosial sampai secara lebih sadar memutuskan untuk bermain karena benar-benar ingin. (okezone.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.