Guys, Lakukan Perawatan Rambut Pria Agar Tetap Sehat dan Kuat

Avatar of PortalMadura.Com
Guys, Lakukan Perawatan Rambut Pria Agar Tetap Sehat dan Kuat
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Perawatan bukan hanya diperlukan oleh para wanita. Pria juga memerlukan perawatan ini agar rambutnya tetap sehat dan indah alami. Banyak yang menganggap hanya sebatas keramas saja. Padahal pria memproduksi minyak lebih banyak dibandingkan wanita.

Bisa dibayangkan berapa banyak kotoran yang menumpuk kalau Anda sering berada di luar ruangan, apalagi kalau menghabiskan banyak waktu di perjalanan dengan naik motor. Tanpa perawatan yang tepat, banyak masalah yang akan muncul pada rambut kita. Mulai dari rambut terlalu kering, mudah rontok, bahkan bisa mengalami kebotakan. Yuk, simak perawatan rambut apa saja yang dibutuhkan pria?

Jangan keramas setiap hari
Jangan terlalu sering keramas dengan sampo itu adalah salah satu prinsip perawatan rambut pria yang penting dicatat. Terlalu sering keramas dan membasahi rambut bisa membuat kulit kepala menjadi terlalu kering dan kehilangan kelembapan alaminya.

Kebiasaan yang dilakukan pria adalah mencuci rambut terlalu sering, bahkan banyak yang mencuci rambutnya dua kali sehari. Rambut bisa terasa gatal jadinya. Jadi, Anda bisa keramas setiap dua hari sekali atau sehabis berolahraga.

Keringkan rambut dengan lembut, jangan digosok-gosok
Jika kita keluar beraktivitas dengan kondisi rambut yang basah, rambut jadi lebih mudah kusut. Maka itu, setelah menggunakan sampo dan conditioner, keringkan rambut dengan lembut dengan cara menepuk-nepuk kepala dan diangin-anginkan.

Gunakan sisir yang bergigi besar untuk mencegah rambut rontok saat disisir. Sebaiknya jangan gunakan handuk untuk menggosok-gosok rambut jika ingin cepat kering. Hindari juga terlalu sering pakai pengering rambut. Sebab, suhunya yang panas dapat membuat rambut dan kulit kepala jadi kering.

Pakai conditioner
Soal conditioner, jangan asal pilih. Carilah conditioner yang mengandung protein dan mineral. Kandungan ini sangat penting untuk menjaga kesehatan rambut pria dan membuat rambut jadi lebih mudah diatur. Apalagi rambut pria biasanya lebih pendek dan lebih mudah menipis.

Conditioner sangat penting untuk mengembalikan volume rambut pria. Conditioner juga berfungsi sebagai penyeimbang sampo yang digunakan. Salah satu efek pakai sampo adalah rambut jadi kering. Nah, conditioner berfungsi sebagai pelembabnya, melembapkan kulit kepala dan rambut, serta mengembalikan kilau alami rambut dengan nutrisinya.

Rutin potong rambut
Potong rambut adalah satu-satunya cara cepat menghilangkan rambut rusak dan perawatan rambut pria ini jangan sampai terlewatkan. Maka itu, potonglah rambut secara rutin untuk menghilangkan ujung rambut yang bercabang.

Jika Anda sedang memanjangkan rambut, sebaiknya tetap potong ujung rambut secara rutin setiap 6-8 minggu sekali. Cukup potong bagian ujungnya untuk menghilangkan bagian yang rusak.

Jangan terlalu banyak menggunakan produk untuk rambut
Menggunakan terlalu banyak produk rambut seperti, gel, semprotan rambut, pewarna, pomade, dan produk rambut lainnya terlalu sering dan banyak justru membuat tampilan rambut tidak terlihat alami. Terlalu banyak produk yang digunakan juga membuat rambut menjadi lebih berat. Ini akan mengganggu kenyamanan sendiri jika tidak dikurangi.

Perhatikan juga asupan makanan
Zat gizi dari makanan juga penting dalam perawatan rambut pria. Protein bisa mencegah rambut mudah kusut dan rontok. Protein memberikan kekuatan pada akar rambut dan membuat rambut Anda terlihat lebih indah alami. Protein bisa Anda temukan dari kacang kedelai, susu, telur, kacang-kacangan, keju, daging ikan, daging sapi, daging ayam. Kurang vitamin C dapat membuat rambut pria kering atau pecah-pecah. Kekurangan vitamin C juga membuat Anda rentan terhadap kerontokan rambut.

Zat besi adalah penyuplai oksigen untuk rambut. Folikel rambut sangat membutuhkan oksigen ini. Tanpa adanya zat besi yang cukup maka aliran oksigen yang masuk ke dalam folikel rambut juga akan kurang. Vitamin E juga berperan penting dalam kesehatan rambut. Dan membantu mencegah kerontokan rambut, melancarkan sirkulasi aliran darah di kulit kepala, menjaga produksi minyak di permukaan kulit sehingga kulit kepala tidak mudah kering.(Kompas.Com/Nurul)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.