Guys, Yuk Usir Pikiran Negatif agar Hidup jadi Lebih Tenang

Guys, Yuk Usir Pikiran Negatif agar Hidup jadi Lebih Tenang
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Stres merupakan hal yang biasa dirasakan oleh kebanyakan manusia. Pikiran negatif lah yang merupakan pemicu dari munculnya stres yang luar biasa. Jika pikiran sudah negatif dan terbayang suatu hal yang tidak-tidak, pastilah hidup kita, pekerjaan kita, segalanya menjadi tidak tenang dan hatipun selalu galau dan risau.

Oleh karena itu, penting untuk bisa melenyapkan pikiran ini dari kepala kita. Setidaknya ada empat trik yang bisa kamu coba.

Bicarakan pikiran negatif yang dirasakan

Mendiskusikan masalah atau pemikiran itu dengan seseorang yang dekat denganmu akan membantumu keluar dari situasi buruk. Kamu bisa saja mendapatkan sudut pandang yang baru atau belajar dari pengalaman orang lain ketika menghadapi kecemasan akibat “pikiran” kita sendiri.

Jangan biarkan pikiran negatif menjatuhkanmu

Banyak orang sering merasa takut ketika pikiran-pikiran negatif masuk. Ketika hal itu terjadi, cobalah untuk menghadapi rasa takut tersebut alih-alih kabur darinya. Kamu harus bisa menghadapi rasa takut dan pikiran negatifmu. Mulailah berpikir secara realistis dan menganalisa skenario terburuk. Kekhawatiran negatif yang menjatuhkanmu kemudian akan terlihat sebagai masalah kecil kita kamu melakukannya.

Berhenti over-reaktif

Berhentilah merespons secara berlebihan masalah-masalah kecil yang ada. Dengan melakukannya, kamu juga akan menghentikan masalah dari pucuknya. Memikirkan pikiran negatif hanya akan membuat situasi menjadi lebih buruk. Biasanya, ketika kamu memikirkan sebuah masalah, hal yang biasa terjadi adalah pikiranmu akan secara otomatis memunculkan pikiran-pikiran jahat dari situasi yang ada dan kamu akan mengenalinya sebagai sesuatu yang negatif.

Lebih baik kamu berusaha untuk terus berpikir positif dan tidak membuang energi untuk secara spesifik memikirkan masalah yang tidak akan bertahan selamanya.

Menemukan hal positif di antara hal negatif

Jika kamu gagal, ada kemungkinan pikiran-pikiran negatif tersebut bertahan lebih lama dan mengancammu secara mental. Untuk mengusir pikiran tersebut, cobalah untuk memikirkan hal-hal positif. Mulailah dengan memikirkan hal baik apa yang terjadi pada situasi yang sedang kamu rasakan. Lalu cobalah menerima kegagalan tersebut dan miliki energi baru untuk bangkit.

Nah, Itulah sedikit tips sederhana yang dapat kalian lakukan agar kalian terhindar dari pemikiran yang negatif. Sebagai pemuda yang aktif dan ingin sukses kita sudah sepatutnya membuang jauh-jauh pikiran negatif yang terlintas dalam otak kita. Kita harus optimis dan tidak berpikir negatif, berpikir yang matang lalu melangkah berani untuk memulai suatu hal yang baru. Jangan pernah takut untuk jauh, karena guru terbaik dikehidupan kita adalah kegagalan kita sendiri. Selamat menjalani hari-hari lebih semangat lagi guys, semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk bahagia. (kompas.com/Anek)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.