Umat Muslim, Ini 4 Cara untuk Menghilangkan Sifat Sombong

Avatar of PortalMadura.Com
Umat Muslim, Ini 4 Cara untuk Menghilangkan Sifat Sombong
ilustrasi

PortalMadura.Com – Manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Manusia di ciptakan dari tanah, maka dari itu Allah memerintahkan umatnya untuk tidak bersifat seperti langit ().

Kita tahu bahwa segala yang diciptakan didunia merupakan titipan yang Allah anugerahkan untuk kita. Lantas apa yang sebenarnya yang patut kita sombongkan? Subhanallah. Andaikan Allah mencabut satu nikmat saja dari kehidupan manusia, hidup pasti tidak akan normal dan susah. Dan tentu saja banyak manusia yang tidak mau hal itu terjadi kepadanya.

Tapi realitanya, masih saja ada manusia yang sombong karena kehebatan, kekayaan, dan pangkat yang dimilikinya. Mereka tidak sadar dan lupa bersyukur bahwa segala sesuatunya adalah milik Allah, termasuk nyawa yang dimilikinya. Lalu bagaimana agar kita tidak memiliku sifat sombong ? menurut Abu Laits al-Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin, ada empat hal yang perlu dilakukan :

Menganggap bahwa semua yang terjadi itu berasal dari Allah SWT

Tanpa ada anugerah dan taufik dari Allah, tidak akan mungkin terjadi. Kalau dipahami semua itu terjadi atas anugerah Allah, maka kita akan sibuk untuk bersyukur dan tidak akan sombong.

Melihat bahwa nikmat yang diberikan Allah itu sangatlah banyak dan berati bagi kehidupan manusia.

Apabila dia melihat dan merenungi betapa besarnya nikmat yang diberikan Allah, maka kita akan terus-menerus bersyukur kepada Allah.

Khawatirlah agar amalan yang dilakukan tidak diterima Allah

Kalau takut amalan tidak diterima Allah, maka sifat sombong tidak akan muncul, dan terus berharap kepada Allah.

Menganggap diri ini banyak dosa

Kalau merasa banyak melakukan amal baik, sifat sombong akan muncul. Tapi kalau menganggap diri ini banyak melakukan dosa dan amal buruk lebih banyak dari amal baik, sifat sombong tidak akan muncul.

Itulah 4 cara menurut Abu Laits al-Samarqandi dalam Tanbihul Ghafilin, Maka dari itu, sudah sepatutnya kita sebagai makhluk yang hanya memiliki jabatan manusia walau bergelimang harta atau bahkan fakir miskin, kita tidak perlu sombong. Yang harus kita lakukan hanyalah berusaha, berdoa, tawakal, kemudian selalu bersyukur kepada Allah atas apa yang telah diberikan.

Karena kita tahu, bahwa semua ini hanya titipan. Ingat selalu, bahwa diatas langit, masih ada langit. Masya Allah, Semoga bermanfaat dan semoga kita dijauhkan dari sifat yang sombong dan takabur. Amiin Allahumma Amiin. (islami.co/Anek)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.