Hadapi Musim Kemarau, Dinkes Sumenep Sarankan Warga Perbanyak Makan Sayur

Avatar of PortalMadura.com
Hadapi Musim Kemarau, Dinkes Sumenep Sarankan Warga Perbanyak Makan Sayur
dok. dr Fatoni

PortalMadura.Com, – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, dr Fatoni mengatakan, menghadapi musim kemarau warga setempat diharapkan memperbanyak makan sayur dan buah-buahan guna menjaga daya tahan tubuh. Pasalnya, pada musim kemarau banyak terjadi penyakit seperti Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA).

“Menjelang musim kemarau, kita harus menjaga ketahanan tubuh dengan memperbanyak mengkonsumsi buah dan sayuran agar tidak gampang terjangkit penyakit,” kata kepala Dinas Kesehatan Sumenep, dr Fatoni, Rabu (3/5/2017).

Ia menyampaikan, ada banyak macam sayur yang bisa dikonsumsi untuk menjaga ketahanan tubuh. Bukan hanya sayur kelor. Sebab, sayur kelor merupakan salah satu sayur yang menjadi kesukaan warga Sumenep.

“Jangan hanya sayur kelor terus yang dikonsumsi, tapi sayur-sayur yang lain juga,” ujarnya sembari tersenyum.

Di musim Kemarau, lanjutnya, banyak jenis penyakit yang menghampiri warga. Diantaranya, radang tenggorokan, ispa dan tifus.

“Kalau kondisi tubuh menurun, penyakit cepat masuk. Kalau sudah terkena penyakit, biasanya sulit disembuhkan. Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” imbuhnya.

Selain itu, katanya, pola makan harus diperhatikan. Sebab, penyakit muncul kadang-kadang karena pola makan yang tidak teratur.

“Kalau pola makan sudah teratur, makan sayur dan buah ditingkatkan, maka insya Allah jauh dari penyakit,” tukasnya. (Arifin/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.