oleh

6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Tidur untuk Kesehatan

PortalMadura.Com – Tidur malam hari merupakan hal yang penting dilakukan setiap hari. Selain untuk istirahat, hal ini juga membantu untuk pikiran tetap terjaga dengan baik. Kualitas tidur merupakan hal yang sangat penting untuk kesehatan dan kondisi mental. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan sejumlah hal yang membuat kualitas tidur meningkat.

Dilansir dari laman Kompas.Com, Jumat (24/7/2020) berikut hal yang dapat dilakukan sebelum tidur untuk menjaga kesehatan tubuh Anda.

Mandi

Suhu tubuh merupakan hal penting saat hendak beristirahat. Menurut para peneliti, mandi di malam hari sebelum tidur dapat membantu proses seseorang untuk tertidur dengan lelap.

Mandi dengan air hangat memiliki efek melemaskan tubuh dan rasa rileks. Melakukan hal ini dapat meningkatkan kualitas tidur Anda.

Bermeditasi

Menenangkan pikiran beberapa saat dengan meditasi memberikan banyak manfaat kesehatan pada seseorang. Salah satunya ialah memperoleh tidur yang nyenyak hingga pagi menjelang.

Menulis

Menulis sebuah jurnal harian sebelum tidur dapat membersihkan pikiran seseorang. Tidak hanya itu, dengan menulis dapat meningkatkan kekuatan memori seseorang. Cara tersebut dapat membantu seseorang yang kesulitan tidur.

iklan 2

Menggosok Gigi

The American Dental Association merekomendasikan untuk menggosok gigi secara rutin sebanyak dua kali sehari. Jika seseorang tidak melakukannya, maka plak dan bakteri pada gigi dapat berkembang dengan cepat yang dapat merusak kesehatan mulut seseorang. Bahkan, napas busuk mungkin saja tinggal di mulut Anda.

Menjauhkan Segala Perangkat Elektronik

Televisi dalam kamar tidur sebenarnya tidak berbahaya, namun dapat mendatangkan malapetaka bagi waktu istirahat Anda. Studi menunjukkan cahaya yang dipancarkan dari telepon genggam, laptop dan TV dapat mengganggu siklus tidur manusia.

Jika Anda tergantung pada perangkat tersebut, cobalah untuk meninggalkan ponsel di luar kamar tidur dan gunakan alarm pada jam untuk membangunkan Anda di pagi hari.

Makan Secara Pintar

Banyak orang mengatakan, bahwa makan sebelum tidur berdampak buruk bagi kesehetan. Tapi, beberapa makanan ringan justru dapat mengantarkan kita pada tidur yang berkualitas.

Makan sebelum tidur dapat membantu Anda untuk mengatur gula darah. Anda dapat memilih kiwi sebagai snack di malam hari. Penelitian juga menunjukkan, buah tersebut dapat meningkatkan kualitas tidur seseorang.

Rewriter : Oktaviana Dwi K. K
Sumber : kompas.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar