oleh

Hardiknas Jadikan Momentum Memperbaiki Moral Anak Bangsa

RIFMI UTAMI yang akrab disapa Mimi ini berharap Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2014 dijadikan momentum untuk menanamkan kejujuran dan moral pada anak bangsa. Semua itu, harus dilakukan dari semua lini kehidupan.

“Sudah saatnya untuk melakukan introspeksi berjamaah, mulai dari tingkatan keluarga sampai penentu kebijakan bidang pendidikan,” kata perempuan yang hobi menyanyi ini.

Menurut perempuan yang dilahirkan di Sumenep, 26 Agustus 1976, di era sekarang ini, seharusnya mengedepankan kualitas diri dari pada kuantitas semata. Kurikulum pendidikan wajib diarahkan pada dominasi pendidikan moral (ESQ) dari pada sekedar IQ.

“Para orang tua tidak harus melulu menuntut nilai raport tinggi, tanpa diikuti nilai-nilai luhur lain yang hampir tak pernah dievaluasi,” ujar Mimi, Dosen Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Wiraraja (Unija).

Meski dirinya juga menyandang sebagai tenaga medis dan Kepala Puskesmas Lenteng mengaku prihatin dengan sistem pendidikan dewasa ini, terutama dalam UNAS.

“Dalam UNAS sudah jelas-jelas identik dengan ketidakjujuran. Namun secara sadar tidak pernah kita perbaiki bersama. Bagaimana mau mengajarkan kejujuran, sedangkan senantiasa dihadapan anak-anak kita tersaji segala hal yang tidak jujur,” tegas perempuan ini yang juga menjabat sebagai sekretaris umum IDI Cabang Sumenep.

Pendidikan, kata dia, bukan hanya tugas pemerintah, melainkan tugas kita semua. Terutama pendidikan moral yang seharusnya diajarkan sejak di tingkatan terkecil yaitu keluarga. “Diharapkan pula, di tingkatan tertinggi juga konsisten mengedepankan hal serupa, yakni pendidikan moral dan kejujuran,” ujar perempuan cantik ini.

Ia yang juga dipercaya sebagai sekretaris pokja 4 Tim Penggerak PKK Kabupaten Sumenep berharap besar pada anak-anak bangsa menjadi pribadi sholeh dan sholehah. Semoga kelak bisa dipastikan akan menjadi generasi yang dapat membawa kebaikan pada bangsa ini.

“Selamat Hari Pendidikan Nasional, Nothing to late to improve our life. Just start small from our family…and act right now,” tandas Mimi pada PortalMadura di kediamannya, Jl. Trunojoyo VIII/12 kolor-Sumenep.(htn)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.