Hari Jadi ke-748, Libatkan 500 Orang Pada Prosesi Arya Wiraraja Sumenep

  • Bagikan
Hari Jadi Sumenep
Prosesi Arya Wiraraja Sumenep, Minggu (29/10/2017)

PortalMadura.Com, Sumenep – Perayaan Hari Jadi Sumenep yang ke-748 tahun 2017, berbagai even disajikan oleh Pihak Pemerintah Daerah Sumenep, Madura, Jawa Timur.

Salah satu rangkaian kegiatan tersebut, yakni Prosesi Arya Wiraraja di depan Masjid Jamik Keraton Sumenep, Jl. Trunojoyo, Minggu (29/10/2017).

“Pada prosesi Arya Wiraraja itu melibatkan 500 orang, baik siswa maupun mahasiswa serta masyarakat umum,” terang Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Sumenep, Sufiyanto.

Selama prosesi tersebut, menggambarkan pelantikan Adipati I Sumenep Arya Wiraraja oleh Prabu Kertanegara tepatnya pada tanggal 31 Oktober tahun 1269, yang merupakan tonggak berdirinya Kabupaten Sumenep.

Selama prosesi, ada yang berperan sebagai Arya Wiraraja dan permai surinya, prajurit serta rombongan lain. Rakyat Sumenep menyambut dengan berbagai kegiatan.

Bahkan, usai pelantikan mereka menyambut dengan senang. Hasil bumi dihaturkan pada Adipati pertama. Warga Sumenep pun merasa mempunyai raja yang adil dan bijaksana. Tarian kegembiraan disajikan dengan penari kolosal.(Hartono)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.