Hari Peduli Sampah, Mahasiswa dan Pokmaswas ‘Reng Paseser’ Bersih-bersih Pesisir Pantai

Avatar of PortalMadura.Com
Hari Peduli Sampah, Mahasiswa dan Pokmaswas 'Reng Paseser' Bersih-bersih Pesisir Pantai
Mahasiswa Sumenep bersih-bersih pesisir pantai

PortalMadura.Com, Nasional (HPSN) diperingati setiap tanggal 21 Februari. Hal ini merujuk pada peristiwa Leuwigajah, sampah menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa sebanyak 157 jiwa.

Pada peringatan HPSN tahun 2024 ini, pemerintah mengambil tema ‘Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif' yang ditujukan untuk memenuhi target nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca dari sektor limbah dan sampah.

Sehubungan dengan hal tersebut, sejumlah mahasiswa Universitas Wiraraja (Unija) Sumenep, Madura, Jawa Timur, berkolaborasi dengan Pokmaswas ‘Reng Paseser' melakukan bersih-bersih pesisir pantai Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Sumenep, Rabu (21/2/2024).

“Giat bersih-bersih itu dilakukan pada sampah yang nyangkut di pohon-pohon mangrove di pesisir pantai. Jenis sampahnya berupa plastik dan tali-tali bekas,” kata Sekretaris Pokmaswas ‘Reng Paseser', Fadel Abu Aufa.

Sebelum bersih-bersih sampah pesisir pantai, mereka juga melakukan penanaman bibit mangrove di pesisir Dusun Panglema, Desa Tanjung. Ada 100 bibit mangrove jenis rhizophora stylosa (bakau kecil) dan rhizophora apiculata (bakau minyak) yang ditanam.

“Momen ini juga bertepatan dengan hari ulang tahun Pokmaswas Reng Paseser yang ketujuh,” katanya.

Sementara, Ketua Kelompok 7 PKL mahasiswa Unija Sumenep Dindi menyambut baik kegiatan tanam mangrove dan bersih-bersih pesisir pantai tersebut. Ia dan teman-teman mahasiswa lainnya kompak mengikuti hingga selesai.(*)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.