Hari Pohon Sedunia, Siswa & KPMM Sumenep Tanam 500 Bibit Mangrove di Pesisir Desa Tanjung

  • Bagikan
tanam magrove
Siswa-Siswi dan Kelompok Peduli Mangrove Madura menanam bibit mangrove di pesisir Desa Tanjung, Sumenep (@portalmadura.com)

PortalMadura.Com, Sumenep – Hari pohon sedunia diperingati setiap tanggal 21 November setiap tahunnya. Peringatan ini bertujuan mengampanyekan gerakan menanam pohon.

Hal ini guna mencegah dampak kerusakan alam dan perubahan iklim di seluruh dunia. Sedangkan di Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, Minggu (21/11/2021) pagi, juga ada penanaman 500 bibit pohon mangrove.

Lokasi penanaman di Pesisir Desa Tanjung, Kecamatan Saronggi, Sumenep dengan melibatkan siswa-siswi MtsN 3 Sumenep, SMPN 2 Saronggi dan KPMM Sumenep (Kelompok Peduli Mangrove Madura).

Sekretaris Pokmaswas Reng Paseser, Fadel Abu Aufa menjelaskan, penanaman mangrove ini diinisiasi oleh Pokmaswas Reng Paseser dengan melibatkan siswa dan KPMM.

“Yang ikut langsung melakukan penanaman bibit mangrove ada 75 orang (siswa dan KPMM),” terang Fadel Abu Aufa yang juga Ketua KPMM Korwil Sumenep, pada PortalMadura.Com.

Kegiatan penanaman bibit mangrove, kata dia, diharapkan dapat memupuk dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pohon bagi ekosistem lingkungan.

Di era saat ini, dimana perubahan iklim dan pengrusakan lingkungan sering terjadi, maka urgensi Hari Pohon Sedunia perlu terus mendapat perhatian dari semua pihak.

“Bagaimanapun juga, pohon berfungsi sebagai penyerap gas CO2 (karbondioksida) dan penghasil O2 (oksigen). Maka perlu menyelamatkan lingkungan dengan menanam pohon,” katanya.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.