oleh

Harus Berapa Kali Orang Harus BAB?

PortalMadura.Com – Buang air besar (BAB) berfungsi dalam menghilangkan bakteri, serat, air, dan makanan yang tak dapat dicerna tubuh. Oleh sebab itu, sebagian orang memulai BAB untuk pertama kali pada hari itu di waktu pagi. Lainnya di waktu yang tidak dapat diprediksi.

Bila Anda merasa baik-baik saja, frekuensi BAB Anda kemungkinan normal. Seseorang tidak perlu terlalu bergantung sesuai jumlah tertentu.

Bila Merasa Kembung
Bila Anda merasa kembung, tidak nyaman, atau merasa desakan ingin BAB, hal tersebut tidak normal. Anda harus segera memberi tahu dokter.

Bila Anda melakukan BAB selama tiga kali sehari dan hal ini merupakan hal biasa untuk Anda maka kemungkinan Anda baik-baik saja. Akan tetapi tetaplah bicarakan hal ini pada dokter Anda untuk memastikan kesehatan Anda.

Anda mungkin akan mengalami perubahan waktu BAB karena beberapa alasan seperti perubahan hormon selama menstruasi, kehamilan, atau menopause. Saat usia makin bertambah pun hal-hal semakin lambat secara umum. Begitu pula waktu Anda BAB.

Loading...

Baca Juga: Pastikan Stok Bahan Pangan, Gubernur Jatim Pantau Pasar Anom Sumenep

Perubahan Diet Pengaruhi Frekuensi BAB
Perubahan diet juga dapat membuat BAB Anda tidak dapat diprediksi atau tidak nyaman. Untuk frekuensi yang rutin, agar menghindari makanan olahan dan mengonsumsi sumber serat alami seperti sayuran dan lainnya.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi dan melakukan olahraga juga dapat membantu untuk memperlancar BAB. Namun, bila Anda tiba-tiba mengalami BAB dengan frekuensi tidak seperti biasanya, hal ini patut dicurigai

Selain itu, dia juga menyarankan Anda untuk melakukan pemeriksaan bila Anda mengalami pendarahan, perubahan ukuran, frekuensi atau rasa sakit saat BAB. Jangan lupa untuk memberitahu dokter Anda mengenai riwayat kesehatan keluarga. Hal tersebut merupakan langkah bijak untuk mengetahui dan menjaga kesehatan Anda.

 


Rewriter: Desy Wulandari
Sumber: liputan6.com
whatsapp share top ten article
Loading...
Loading...

Komentar