Tak Berkategori  

Hasil Penelitian: Ternyata Sering Konsumsi Minuman Manis Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Ginjal Kronis

Hasil Penelitian: Ternyata Sering Konsumsi Minuman Manis Bisa Tingkatkan Risiko Penyakit Ginjal Kronis
ilustrasi
    Bagikan:

PortalMadura.Com – Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam ‘Clinical Journal of the American Society of Nephrology‘, menunjukkan bahwa seseorang yang paling banyak mengonsumsi soda atau minuman rasa buah memiliki risiko 61 persen terkena penyakit ginjal kronis.

Terlebih lagi, yang mengejutkan para peneliti adalah risiko ini juga bisa didapatkan jika meminum air yang memiliki rasa yang manis.

“Secara khusus, ada informasi tentang jenis minuman dan pola seperti apa yang terkait dengan risiko penyakit ginjal,” ujar ketua peneliti Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health, Casey Rebholz.

Sementara ini, peneliti hanya menemukan hubungan antara konsumsi minuman manis dan penyakit ginjal. Untuk lebih konkrit, mereka belum menemukan hubungan sebab-akibatnya.

Akan tetapi, dengan adanya hasil penelitian ini masyarakat khususnya di beberapa belahan dunia bertekad untuk mengurangi konsumsi minuman manis untuk menjaga kesehatan ginjal mereka.

Perlu diketahui, dalam tulisan yang lain, seorang pasien penyakit ginjal, Duane Sunwold mengatakan, ia mengubah pola makan dan kebiasaan minum untuk menyembuhkan sakitnya.

Baca Juga: Ini Susunan Pengurus PWI Sumenep Periode 2019-2022

Sunwold, yang juga seorang chef, merekomendasikan kepada pasien ginjal lainnya untuk membatasi konsumsi minuman manis khususnya yang menggunakan perisa buatan.

Maka dari itu, dari hasil penelitian yang masih terbatas tersebut, tidak ada salahnya jika masyarakat lebih hati-hati dalam mengonsumsi minuman manis-manis untuk menjaga kesehatan ginjalnya. (detik.com/Salimah)


Ikuti Berita Kami Lainya di Google Berita

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.