oleh

Hasil Studi: Rayakan Ulang Tahun Anak Baik untuk Tumbuh Kembangnya

PortalMadura.Com – Orang tua milenial di zaman sekarang ini, sering kali merasa bersemangat dan mempersiapkan diri terlebih dahulu untuk merayakan acara ulang tahun anak tercintanya. Namun, tidak sedikit pula dari orang tua yang lebih suka menyimpan semua pengeluaran dan memutuskan untuk tidak mengadakan perayaan sama sekali. Padahal, pada kenyataannya, merayakan ulang tahun anak menjadi suatu hal yang penting menurut sains.

Sebagaimana yang diungkapkan oleh dr. Jacqueline Woolley, tentang pentingnya merayakan ulang tahun dengan cara yang bermakna. Dilansir Liputan6.com dari Bright Side, Woolley melakukan penelitian mengenai kaitannya antara usia dan ulang tahun pada anak kecil. Dalam penelitian tersebut, 99 anak-anak Amerika antara usia 3 dan 5 diteliti.

Prosedurnya sederhana, karena mereka semua dihadapkan dengan skenario yang sama: 3 anak yang berusia 2 tahun beranjak ke usia 3. Yang pertama bisa mengadakan pesta, yang kedua tidak, dan yang ketiga mengadakan pesta. Para relawan kemudian diminta untuk menunjukkan berapa usia masing-masing anak.

Hasil dari studi tersebut, terungkap bahwa banyak dari mereka mengatakan orang yang belum mengadakan pesta akan tetap berusia 2 tahun, dan mereka juga menjawab orang yang memiliki 2 pesta akan berusia 4 tahun.

Penelitian Dr Woolley, menunjukkan bahwa untuk anak-anak usia pra-sekolah, pengalaman tahunan dari perubahan mendadak dari satu waktu ke waktu yang lain adalah sangat penting: karena tidak ada penyebab fisik yang jelas atau langsung, seperti jenis perubahan lainnya. Maka dari itu, anak-anak mempertimbangkan pesta ulang tahun menjadi acara yang terjadi secara teratur dan meningkatkan pertumbuhan.

Baca Juga: Ingin Rayakan Ulang Tahun Anak Agar Berkesan? Ini Tipsnya

Dalam penelitiannya, Wooley juga menemukan sejumlah manfaat dari merayakan pesta ulang tahun. Beberapa di antaranya adalah meningkatnya kepercayaan diri. Ketika seorang anak merasa dirayakan, mereka juga merasa dicintai dan bermakna dalam peran keluarga mereka. Ulang tahun mereka menjadi penting dalam kehidupan orang tuanya.

Selain itu, perayaan ulang tahun juga dapat memperkuat ikatan keluarga. Memiliki tradisi keluarga adalah suatu hal yang positif. Tidak peduli seberapa besar perayaan itu, satu hal yang menjadi penting adalah rasa kebersamaan untuk merayakan sesuatu yang istimewa.

Tidak hanya itu saja, merayakan ulang tahun juga dapat membangun hubungan sosial. Seperti mengundang beberapa teman, kakek-nenek, atau seluruh keluarga ke pesta ulang tahun membantu anak untuk berhubungan lebih baik melalui perasaan persahabatan dan kebaikan. Kemudian, dengan adanya perayaan ulang tahun, momen tersebut dapat menciptakan kenangan positif.

Sebuah studi tentang kenangan mengatakan bahwa sebagian besar kenangan masa kanak-kanak bukan benar-benar kenangan, melainkan memori yang dibuat dari banyak data yang dikumpulkan dari sumber yang berbeda dengan cara yang tidak disadari, seperti sensasi, bau, dan musik. Jadi, menciptakan kenangan dari sebuah perayaan bisa menjadi sesuatu yang sangat bermakna.

Anak-anak tidak menyadari pertumbuhan mereka jika tidak melalui orang lain. Itulah mengapa ulang tahun adalah cara yang bagus bagi mereka untuk menemukan proses tumbuh dewasa.

Rewriter : Salimah
Sumber : liputan6.com
Tirto.ID
Loading...

Komentar