Hati-hati, 4 Penyakit Berbahaya Ini Sering Menyerang di Musim Hujan

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, 4 Penyakit Berbahaya Ini Sering Menyerang di Musim Hujan
Sakit flu

PortalMadura.Com – Saat ini sebagian wilayah Indonesia sudah memasuki musim hujan. Peralihan cuaca dari kemarau ke musim hujan sering kali menyebabkan munculnya berbagai penyakit. Sehingga di waktu ini, tubuh harus selalu dalam kondisi prima agartetap sehat.

Keadaan lingkungan yang kurang sehat di musim hujan dan kondisi tubuh yang drop biasanya menjadi salah satu penyebab terjangkitnya berbagai jenis penyakit berbahaya khususnya yang biasa menyerang di musim hujan. Penasaran?

Baca Juga

Berikut ulasannya:

Jangan Sepelekan Flu
Saat musim hujan tiba, banyak orang terkena flu. Penyakit ini seperti sudah langganan menyerang ketika musim dingin tersebut. Penyakit ini disebabkan virus influenza tipe A, B, atau C.

Meski flu bersifat umum dan bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap saja harus diwaspadai. Sebab, beberapa orang dapat menderita komplikasi dari penyakit influenza seperti pneumonia.

Radang Tenggorokan
Radang tenggorokan sering terjadi saat cuaca dingin, dan hampir selalu disebabkan oleh infeksi viral. Ada bukti menunjukkan, perubahan suhu, seperti dari ruangan yang hangat pindah ke luar ruangan dingin bisa mengganggu tenggorokan.

Demam Tifoid atau Tipes
Salah satu penyakit yang kerap menyerang di saat musim hujan yaitu tipes. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi yang masuk ke saluran cerna melalui mulut, esophagus, lambung, usus kecil, dan usus besar. Penyakit ini menimbulkan demam yang tinggi.

Asma
Cuaca dingin merupakan pemicu utama simtom asma, seperti mengi dan napas pendek. Orang-orang dengan asma harus ekstra hati-hati saat cuaca dingin. Usahakan tetap berada di dalam ruangan ketika saat cuaca sedang sangat dingin dan berangin. Jika keluar, gunakan syal, tutupi hidung dan mulut. (merdeka.com/Desy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.