Hati-hati, Anda Sering Main Facebook? Ini 5 Efek Negatifnya

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, Anda Sering Main Facebook? Ini 5 Efek Negatifnya
ilustrasi

PortalMadura.Com – menjadi salah satu media sosial yang banyak di guanakan di Indonesia. Per Juli 2017, Facebook memiliki lebih dari 115 juta pengguna. Data Facebook Indonesia mengungkap bahwa jumlah pertemanan, unggahan dan komentar lebih banyak dua kali lipat dari pengguna dunia.

Dengan kata lain, pengguna Facebook di Indonesia terbilang aktif, kebanyakan mereka menghabiskan waktunya di jejaring sosial ini. Namun taukah Anda, keseringan bermain Facebook juga memberikan dampak buruk.

Berikut ini lima dampak negatif dari Facebook:

Informasi Pribadi Mudah Diketahui Pencari Tenaga Kerja
Tidak sedikit pengguna Facebook yang terbiasa mengunggah berbagai hal di Facebook, termasuk informasi pribadi. Tahukah Anda informasi ini bisa digunakan oleh pencari tenaga kerja (recruitment). Bahkan atasan kantor bisa menilai kepantasan Anda sebagai karyawan.

Hati-hati jika ada foto yang tidak pantas dilihat. Hal tersebut bisa membuat penilaian terhadap Anda negatif. Untuk itu pastikan selalu menerapkan pengaturan privasi yang ketat di akun Facebook Anda.

Potensi Perselingkuhan
Pengguna pasti tahu betapa mudahnya untuk terkoneksi dengan orang yang dikenal melalui akun Facebook, termasuk dengan mantan kekasih. Hati-hati, kontak dengan mantan kekasih berpotensi membuat hubungan yang dulu pernah ada bersemi kembali atau CLBK.

Jika tidak ingin hal itu terjadi, pastikan Anda membatasi berbagai hal yang berkaitan dengan mantan kekasih. Apalagi kalau sekarang Anda dan mantan kekasih sudah memiliki pasangan masing-masing.

Ketagihan Main Gim Online di Facebok
Facebook tidak hanya dipakai untuk menjalin komunikasi dengan teman-teman, tapi juga untuk bermain banyak gim online. Nah, bagi Anda yang gemar main gim online di Facebook jangan sampai ketagihan.

Stres Berat dan Depresi
Saat pengguna terlalu banyak menghabiskan waktu di Facebook mereka lebih sering melihat unggahan milik orang lain.

Alih-alih menyenangkan, tidak jarang unggahan orang lain justru membuat pengguna memiliki sifat cemburu hingga membandingkan kehidupan pribadinya dengan orang lain. Tentunya hal ini berpotensi menyebabkan stres berat dan depresi.

Mempengaruhi Pertemanan di Dunia Nyata
Orang yang keseringan menghabiskan waktunya di Facebook cenderung lebih sering berinteraksi dengan sesama pengguna Facebook. Dengan demikian, pada titik tertentu mereka berhenti berinteraksi dengan banyak orang yang ada di dunia nyata dan memilih terus terhubung dengan sesama pengguna Facebook.

Kecanduan telah membuat pengguna lebih sering berbalas komentar dibandingkan mengangkat telepon atau mengobrol dengan orang yang ada di sekitarnya. Tentunya ini bisa merusak hubungan, bahkan menimbulkan perselisihan. (liputan6.com/Desy)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.