Hati-hati, Begini Cara Atur Jarak Aman Pengereman Ketika Hujan

  • Bagikan
Hati-hati, Begini Cara Atur Jarak Aman Pengereman Ketika Hujan
Ilustrasi (Liputan6.com)

PortalMadura.Com – Memasuki musim penghujan, biasanya jalanan mulai licin dengan genangan air. Selain perlu mengatur laju dalam berkendara, pengendara juga perlu menjaga jarak ketika pengereman.

Hal ini tidak lain untuk menghindari terjadinya sebuah kecelakaan, baik yang membahayakan bagi pengendara sendiri maupun orang lain yang menjadi lawannya.

Dengan kata lain, kondisi rem juga perlu diperhatikan, karena jika sebuah rem kendaraan tidak dalam kondisi prima maka hal itu akan memicu kejadian yang tidak diinginkan. Anda tentu tidak mau kan jika hal tersebut terjadi pada Anda?.

Selain kondisi rem kendaraan, selalu berhati-hati juga salah satu hal yang penting saat berkendara. Sebagaimana dilansir Okezone.com dari situs Drivers Ed mengatakan, bahwa saat mengemudi di kondisi hujan, sebuah kendaraan tidak bisa mengerem secara maksimal seperti dalam kondisi cuaca yang normal.

Lantas, berapa jarak aman pengereman saat berkendara di waktu hujan?. Idealnya, di kondisi normal adalah 3 detik, tetapi di kondisi penghujan jarak aman tersebut ditingkatkan menjadi 4 detik, tergantung dengan kondisinya.

Dalam hal tersebut bukan hanya masalah waktu untuk mengerem, terkadang pandangan pengendara saat hujan tidak dapat terlihat dengan jelas. Kondisi ini membuat pengendara tidak siap untuk mengerem secara spontan.

Jadi, pada saat kondisi hujan, hindari pengereman keras (hard braking) agar tidak terjadi selip. Kemudian, jaga akselerasi kendaraan, jangan berakselerasi secara spontan agar roda kendaraan tidak selip.

Drivers Ed juga menambahkan, ketika berkendara hindarilah genangan air, karena adanya genangan air dapat beresiko terjadinya hydroplaning (hilangnya traksi pada ban saat melewati genangan air) yang berakibat hilangnya kendali bagi pengendara.

Baca Juga : Guys, Begini Teknik Pengereman yang Benar Saat Jalanan Licin di Musim Hujan

Tidak hanya itu, kemungkinan adanya air di rem juga dapat menyebabkan hilangnya daya henti. Tetapi jika sudah dalam keadaan mendesak dan harus melewatinya pastikan melaju dalam kondisi yang lambat.

Itulah cara mengatur jarak aman pengereman saat musim hujan. Intinya, berkendara ketika hujan perlu kehati-hatian. Karena kondisi jalan pastinya licin. Akan berbeda rasanya mengendara ketika tidak hujan.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.