Hati-hati, Ini 5 Bahan Kosmetik yang Sebabkan Jerawat

  • Bagikan
Hati-hati, Ini 5 Bahan Kosmetik yang Sebabkan Jerawat
Ilustrasi (perdoski)

PortalMadura.Com – Kulit wajah putih, mulus dan bebas jerawat pasti menjadi keinginan semua orang khususnya wanita. Namun kenyataannya, terkadang masalah kulit seperti jerawat masih sering dialami.

Jerawat terjadi biasanya disebabkan banyak faktor. Salah satunya bahan kosmetik yang Anda gunakan. Agar terhindar dari jerawat, jangan gunakan kosmetik dengan bahan-bahan ini. Apa saja?

Sebagaiamana dilansir PortalMadura.Com dari laman popmama.com, berikut ini beberapa bahan kosmetik yang bisa sebabkan jerawat.

Paraben dan Phthalates Meningkatkan Risiko Kanker

Sebaiknya Anda perlu menghindari produk kecantikan dengan bahan paraben dan phthalates. Di mana zat kimia tersebut dapat mengganggu hormon tubuh, terutama hormon pemicu jerawat.

Selain itu, penggunaan produk yang mengandung paraben dan phthalates bisa alami penyakit kronis hingga sejumlah masalah kesuburan.

Kekhawatiran lainnya dari paraben dan phthalates, yakni meningkatkan risiko kanker. Jadi mengingat ada berbagai efek samping berbahaya dari bahan kimia ini, mungkin akan lebih baik untuk menghindari dalam perawatan kulit dengan paraben dan phthalates.

Silikon Menjebak Kotoran dan Sebum di Kulit

Pernahkah Anda menggunakan krim atau alas bedak yang setelah mengoleskannya langsung terasa lembut dan licin?

Nah, kondisi seperti itu disebabkan oleh produk dengan kandungan bahan silikon yang tidak memiliki manfaat jangka panjang. Bahkan menjebak segala sesuatu seperti bakteri, kotoran dan sebum di kulit.

Selain itu, silikon juga menyebabkan pori-pori membesar dan mendorong terbentuknya komedo maupun jerawat. Hal itulah yang tidak membiarkan kulit wajah kamu bernapas. Terutama bagi orang yang memiliki kulit sensitif.

Talc Menyebabkan Sensasi yang Mengganggu di Kulit

Sangat membahayakan. Bahwa kandungan talc pada kosmetik adalah mineral paling lembut. Namun efek sampingnya dapat menyebabkan masalah, terutama jika masuk ke bawah kulit melalui luka terbuka.

Meski umumnya diakui sebagai bahan kosmetik yang aman untuk digunakan, namun talc ada hubungan potensial dengan kanker. Apalagi jika riasan yang mengandung talc juga menyebabkan kemerahan dan sensasi yang bisa mengganggu kulit.

Jadi sebaiknya hindari penggunaan talc pada produk kecantikan yang dioleskan ke kulit ketika penghalang epidermis hilang.

Wewangian Sebagai Penyebab Alergi pada Kulit

Apakah produk kecantikan Anda mengandung wewangian di dalamnya?

Sebenarnya, mencantumkan wewangian atau parfum pada produk kosmetik sangatlah tidak dianjurkan. Namun banyak produsen mencantumkan wewangian pada label di produknya.

Sebagian besar bahan kimia wewangian terkait dengan masalah kesehatan yang serius seperti kanker. Bahkan termasuk toksisitas reproduksi dan perkembangan alergi.

Sangat jelas, jadi kandungan wewangian dapat sebagai penyebab utama reaksi alergi pada kulit. Salah satunya adalah jenis dermatitis dan ruam.

Pewarna Buatan Memblokir Pori-pori dan Jerawat

Kini banyak produk kosmetik yang diformulasikan tidak dengan bahan warna alami. Sebagian besar produk mengandalkan pewarna buatan untuk menambahkan warna cerah di dalamnya.

Jadi saat mencari produk kosmetik, alangkah lebih baik untuk tidak memilih yang memakai zat pewarna tambahan. Pasalnya, racun yang ditinggalkan pewarna buatan, ini akan bisa meningkatkan risiko sensitivitas dan iritasi pada kulit.

Bahkan kandungan tersebut memungkinkan terjadi kerusakan yang lebih besar, memblokir pori-pori yang mengarah pada risiko jerawat.

Nah, itulah beberapa bahan kosmetik yang menjadi penyebab jerawat. Anda dapat melindungi diri sendiri dengan membaca label dan menggunakan produk hanya sesuai petunjuk.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.