Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kecantikan Anda Memudar Saat Puasa

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati! Ini 5 Kebiasaan Buruk yang Bikin Kecantikan Anda Memudar Saat Puasa
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Diakui atau tidak, pada dasarnya setiap orang memiliki kebiasaan-kebiasaan tersendiri dalam menjalani puasa Ramadan. Tidak terkecuali yang berakibat kurang baik bagi dirinya sendiri. Namun terkadang sebagian orang masih membiarkannya sehingga bukan hanya kesehatan yang menjadi taruhannya tapi membuat penampilannya menjadi memudar.

Padahal, di bulan puasa setiap umat muslim tetap harus menjaga penampilannya. Jadi, alangkah lebih baik jika Anda menghindari kebiasaan-kebiasaan ini. Apa saja itu?. Berikut ini 5 kebiasaan buruk yang bisa memudarkan kecantikan kulit Anda:

Begadang atau Kurang Tidur
Siapa yang suka bangun sahur jam 2 pagi?. Hmm, jaraknya hampir 3 jam menuju salat Subuh lho. Padahal, sunah Rasulullah justru menyarankan Anda mengakhirkan waktu sahur. Efek dari sahur kecepetan ini banyak banget, yang paling pasti Anda akan kehilangan banyak waktu tidur, iya kalau dipakai untuk salat malam belasan rakaat, tapi jika digunakan untuk menonton acara TV?. Tentunya tidak akan berdampak baik juga bagi Anda. Karena penyebabnya akan membuat kantung mata menebal, menghitam, kulit wajah mengendur, dan muka tampak kusam.

Tidur Langsung setelah Sahur
Mau berat badan berlipat?. Bikin tambah cantik apa malah memudar tuh kecantikannya?. Buat yang terbiasa tidur setelah makan sahur, risiko kegemukan menjadi 2x lipat lho. Apalagi kalau selama sahur konsumsinya makanan berminyak dan berlemak.

Menurut professor dari Southeast Missouri State University, Jeremy Barnes, pun menjelaskan pada saat tidur didapatkan peningkatan level hormon grehlin, di mana dapat membuat orang merasa lebih lapar ketika bangun. Jadi, berpuasa tidak akan menurunkan berat badan bila Anda tidak mengatur menu dan kebiasaan dengan sehat.

Makan Gorengan Saat Berbuka Puasa
Kalau hanya sedikit mungkin tidak apa, tapi kalau makan berlebihan apalagi setiap buka puasa langsung mengganyam gorengan dalam jumlah banyak, sangat mungkin membuat obesitas dan timbunan lemak di sana-sini. Tambah berkurang kan cantiknya?. Makanya jangan heran banyak orang yang justru berat badannya bertambah di bulan Ramadan, karena salah pola makannya. Jika mengikuti sunah Rasulullah, berbuka cukup dengan kurma, insyaAllah tidak akan ada masalah.

Kurang Minum Air Putih
Pas sahur minumnya teh manis, berbuka minum sirup sama es kelapa, kapan minum air putihnya?. Kekurangan air putih bukan hanya berpengaruh buruk untuk kesehatan dan keseimbangan cairan tubuh, melainkan juga sangat besar pengaruhnya untuk kecantikan kulit. Kulit akan kehilangan elastisitasnya, juga terlihat kusam.

Makan Berlebihan
Puasa sih puasa, tapi begitu tiba waktu berbuka?. Langsung deh melahap apapun yang ada, sampai perut kekenyangan. Inilah bahayanya kebiasaan buruk makan berlebihan di bulan Ramadan. Ada baiknya Anda mengingat hakikat puasa, yakni menahan diri dari nafsu syahwat, demikian pula ketika waktu berbuka, jangan sampai ‘balas dendam’ yang tentu saja akibatnya buruk untuk kesehatan, kecantikan, bahkan keimanan Anda sendiri.

Semoga beberapa kebiasaan di atas bisa menjadi pengingat dan berfikir untuk tidak melakukannya kembali. Karena sesuatu yang tidak baik juga tidak di anjurkan oleh agama Islam. (ummi-online.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.