Hati-hati, Ini 5 Penyakit Mematikan Jika Anda Tak Rutin Gosok Gigi

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini 5 Penyakit Mematikan Jika Anda Tak Rutin Gosok Gigi
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Setiap orang tentu pernah dihimbau untuk rajin menggosok setiap hari. Hal ini bukan tanpa alasan, melainkan demi tetap menjaga kesehatan gigi.

Maka dari itu, Anda jangan pernah menyepelekan untuk tidak . Sebab, ada akibat mematikan yang bisa ditimbulkan apabila Anda tidak rutin melakukan perawatan pada gigi.

Apa saja itu?. Berikut ini beberapa masalah gangguan kesehatan yang bisa Anda alami jika tidak rajin menggosok gigi.

Stres
Setiap orang berjuang untuk mengendalikan stres mereka baik oleh karena tekanan pekerjaan, sampai hubungan emosional yang melelahkan. Selain itu, penyebab lainnya stres adalah ketika kondisi kebersihan mulut Anda tidak terjaga dengan baik yang secara tidak langsung berkontribusi pada peradangan. Ketika masalah kesehatan tersebut Anda alami, kondisi psikologis pun turut mengganggu.

Diabetes
Jika Anda sehari saja tidak menggosok gigi, beragam penyakit bisa menyerang Anda oleh karena bakteri dari mulut yang kering, salah satunya diabetes.

Jika tidak sempat gosok gigi, paling tidak siapkan floss atau permen karet bebas gula untuk membersihkan molekul yang bisa berkontribusi memberikan masalah dalam pengaturan gula darah.

Masalah Kognitif
Gigi merupakan salah satu pusat syaraf yang berhubungan langsung dengan otak. Sebuah studi menemukan bahwa penyakit gusi karena kebersihan mulut yang tidak terjaga akan meningkatkan resiko penyakit Alzheimer dan masalah kognitif lainnya.

Osteoporosis
Menjaga gigi dan lidah tetap bersih dan sehat sama saja dengan merawat kondisi tulang Anda untuk tetap kuat. Menurut National Institutes of Health, terlalu banyak bakteri antara pipi Anda dapat membuat jaringan ikat membusuk sehingga membuat gigi Anda jadi renggang. Selain itu, mulut yang tidak sehat juga bisa melemahkan sistem kekebalan tubuh.

Penyakit Jantung
Bakteri lebih banyak di mulut Anda dan dapat membuat pertumbuhan patogen jadi meningkat. Hal tersebut berpotensi terjadi penumpukan plak di arteri Anda. Jika plak arteri tersebut tidak dibersihkan dari mulut, Anda beresiko terkena serangan jantung dan stroke.

Jadi, mulai sekarang Anda harus berfikir dua kali jika tidak menggosok gigi setiap hari. Karena apabila Anda lengah, bukan tidak mungkin beberapa penyakit itu akan menimpa Anda. Semoga bermanfaat. (liputan6.com/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.