Hati-hati, Ini Bagian Mobil yang Bisa Bikin Celaka Ketika Hujan Deras

Avatar of PortalMadura.com
Hati-hati, Ini Bagian Mobil yang Bisa Bikin Celaka Ketika Hujan Deras
Ilustrasi (otomart.id)

PortalMadura.Com – Musim hujan seperti sekarang ini membuat para pengendara mobil harus lebih memerhatikan kondisi kendaraannya agar tetap nyaman dan aman saat dipakai.

Salah satu yang wajib mendapat perhatian yaitu lampu utama. Karena, lampu depan ini dibuat sebagai alat bantu penerangan bagi pengemudi, baik di malam hari maupun saat .

Pemilik bengkel lampu dan spion mobil Saka Motor, Samsul mengatakan, salah satu masalah yang sering terjadi saat musim hujan datang, adalah berembun.

“Kalau musim hujan, cek lampu juga. Putus sebelah atau enggak, terus lihat ada embunnya atau enggak,” ujarnya.

Baca Juga: Dugaan Korupsi Program Kambing Etawa, GMPPK Geruduk DPMD Bangkalan

Samsul mengatakan, embun pada lampu terbentuk, lantaran ada rongga antara mika dan rumah lampu. Saat lampu menyala, maka muncul energi panas dari lampu, sementara bagian luar lampu dingin dan basah akibat air hujan. Adanya perbedaaan suhu itu yang menyebabkan munculnya embun.

“Kalau ada embun, dibuka dulu lampunya. Kemudian, dibersihkan mikanya, baru dipasang dan direkatkan dengan tambahan sealant,” tuturnya.

Baca Juga: Aksi Peduli Sosial Babinsa Koramil Tanah Merah Bangkalan

Pada kondisi tertentu, lampu utama bahkan bisa kemasukan air hujan. Jika sudah begini, maka pembersihan lampu harus dilakukan menyeluruh hingga bagian rumah lampunya. Serta, diperiksa kebocoran atau tempat masuknya air. (viva.co.id/Putri)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.