oleh

Hati-hati, Ini Bahaya Mobil yang Jarang Dicuci

PortalMadura.Com – Bodi kendaraan biasanya menjadi sorotan pertama saat dilihat orang. Apabila bodinya tampak bagus maka orang umumnya menganggap kendaraan itu juga bagus. Sebaliknya, jika terlihat lusuh dan tidak terawat, orang juga akan menilainya berbeda.

Terlepas dari itu semua, pada intinya setiap kendaraan perlu didukung dari perawatan yang berkala. Nah, agar kondisi bodi kendaraan selalu prima, perlu adanya pelapis antikarat pada bagian bawah. Hal ini khusus bagi mobil yang setiap hari beraktivitas di dekat kawasan pantai.

iklan pilbup

Selain karena kawasan atau area pantai, air hujan juga bisa menjadi penyebab munculnya korosi. Karena, air yang turun dari langit itu mengandung zat asam yang berbahaya bagi logam. Jika tidak dilindungi dengan baik, maka karat bisa menyebar dengan cepat.

“Kena hawa asin pun bisa jadi terkena karat. Walaupun mobil itu sebetulnya sudah dilapisi antikarat. Sebab, lapisan yang diberi pabrikan tipis” ujar Manajer Pemasaran PT Terang Parts Indonesia, Hendrik Susilo, dilansir PortalMadura.Com, Rabu (31/7/2019), dari laman viva.co.id.

Menurutnya, apabila Anda terbiasa melewati genangan, itu juga berpotensi merusak kolong mobil. Karena, air kotor yang terciprat bisa saja mengandung zat berbahaya bagi kaki-kaki kendaraan.

Oleh sebab itu, ia menyarankan untuk rajin membersihkan bodi mobil, dengan menyiram pakai air bersih. Lalu, keringkan dengan lap yang juga bersih. Apabila Anda jarang membersihkannya, akan ada bahaya yang mengintai kendaraan Anda. Apa bahayanya?

Bahaya Jarang Mencuci Mobil

Perlu Anda ketahui, jika Anda kurang peduli dengan kendaraan dengan tidak membesihkannya, bukan tidak mungkin akan ada karat pada bodi mobil.

Jika sudah berkarat, kata Hendrik, maka proses perbaikannya akan cukup rumit. Sebab, bisa saja bibit karat muncul di bagian bodi yang lain.

“Pasang antikarat dulu, jangan kemudian. Kalau karat sudah muncul, perbaikannya susah,” ungkapnya.

Baca Juga : Kendaraan Anda Berkarat? Yuk Atasi dengan 3 Bahan Dapur Ini

Selain perbaikannya susah, biaya yang perlu dikeluarkan untuk itu juga tidak akan sedikit. Dengan kata lain, Anda akan merogoh kocek agar bodi mobil menjadi kembali semula atau bagus.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : viva.co.id
Tirto.ID
Loading...

Komentar