Hati-hati, Remaja Gemuk Lebih Berisiko Terkena Kanker Kolorektal

Avatar of PortalMadura.Com
Hati-hati, Remaja Gemuk Lebih Berisiko Terkena Kanker Kolorektal
Ist.Net

PortalMadura.Com – Anak yang tentunya tampak menggemaskan. Namun sayangnya, ketika anak semakin gemuk, maka semakin tinggi pula risiko kesehatan yang harus dihadapinya. Berat badan yang berlebihan atau obesitas punya risiko lebih besar menderita kanker usus ketika dewasa, seperti terungkap oleh sebuah penelitian.

Penelitian tersebut dilakukan dengan 240.000 responden pria Swedia selama rentang waktu 35 tahun. Hasilnya diterbitkan di jurnal Gut dan memperlihatkan bahwa anak yang dibiarkan gemuk hingga lebih berisiko terkena kanker kolekteral (kanker yang berkembang dari sel-sel usus besar, yaitu pada usus besar dan rektum).

Di awal penelitian tersebut, usia rata-rata partisipan adalah 16-20 tahun. 6,5 persen partisipan kelebihan berat badan, obesitas sebanyak 1 persen dan lainnya memiliki berat badan normal. Setelah 35 tahun, dilaporkan terdapat 855 kasus kanker kolorektal pada partisipan. Akhirnya, disimpulkan bahwa remaja yang kelebihan berat badan berisiko mengalami kanker kolorektal sebanyak dua kali lipat, dan risikonya meningkat jika seorang remaja berstatus obesitas.

Para peneliti memprediksi risiko seorang remaja dengan obesitas untuk terserang kanker kolorektal saat dewasa mencapai 2,38 kali lipat ketimbang mereka dengan berat badan normal.

Kendati demikian, temuan tersebut menunjukkan indikasi bahwa risiko kanker kolekteral dipengaruhi oleh pilihan gaya hidup kita. Ini diharapkan membuat kita semakin sadar akan pola hidup sehat dan pentingnya mengedukasi anak untuk hidup sehat. (sehatfresh.com/choir)

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.