oleh

Haul Akbar Raja Sumenep, Bupati Ajak Teladani Pemimpin Terdahulu

PortalMadura.Com, Sumenep – Haul akbar dan ziarah raja-raja Sumenep, Madura, Jawa Timur, tahun 2019 digelar Pemerintah Daerah Kabupaten Sumenep, Kamis (24/10/2019) malam.

Bupati Sumenep, A Busyro Karim menyampaikan, digelarnya haul akbar raja sebagai penyemangat untuk meneruskan perjuangan pendahulu Sumenep.

“Ini sebagai sarana untuk mengingatkan kita kepada para raja yang telah berjuang demi masyarakat Sumenep dan Nusantara,” katanya.

Sumenep memiliki 35 raja dan sudah dipimpin oleh 15 bupati. Selama dipimpin raja dan bupati tentunya memiliki niat yang sama untuk kebesaran rakyat Sumenep sesuai dengan situasi dan kondisinya saat memimpin.

“Sumenep terus berkembang dan semuanya pasti sepakat untuk berjuang demi kemajuan dan kemakmuran masyarakat Sumenep,” ujarnya.

Politisi PKB ini mencontohkan, pada saat kepemimpinan Arya Wiraraja, merupakan sosok yang cerdas dan mampu mengatur strategi hingga menjadi pengatur strategi Kerajaan Majapahit.

Loading...

“Sekarang Sumenep sudah masuk usia 750 tahun sejak diangkatnya Arya Wiraraja sebagai Adipati Pertama di Sumenep. Maka, sudah jelas Arya Wiraraja adalah sosok yang kuat dan cerdas,” urainya.

Kelebihan pemimpin Sumenep lainnya juga tercermin pada raja Panembahan Sumolo atau Raja Natakusuma I. Ia dikenal sebagai raja yang memiliki jiwa seni yang sangat tinggi.

“Keraton Sumenep dibangun pada zaman raja Natakusuma I. Jiwa seninya terlihat pada arsitektur bangunan keraton dan masjid Jamik yang indah,” jelasnya.

Begitu juga dengan Abdur Rahman atau Panembahan Natakusuma II. Ia cerdas dan pintar hingga mendapat gelar doktor dari Belanda.

“Apa yang sudah dilakukan para raja-raja Sumenep itu tentu sangat bermanfaat bagi warga Sumenep hingga saat ini,” ungkapnya.

“Maka, marilah kita belajar dari para pemimpin terdahulu yang telah memimpin Sumenep,” ajak Busyro.(*)


Penulis : Putri Kuzaifah
Editor : Hartono

Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar