Hemm…! Ada Warga Pantura Pamekasan Terjangkit HIV/AIDS

  • Bagikan
hiv aids
ilustrasi

PortalMadura.Com, Pamekasan – Pada awal tahun 2017, terdapat satu warga Pantai Utara (Pantura) Kabupaten Pamekasan, Madura, Jawa Timur diketahui terjangkit penyakit Human Immunodeficiency Virus Infection and Acquired Immune Deficiency Syndrome (HIV/AIDS).

Penyakit yang ada pada alat vital karena disebabkan oleh gonta-ganti pasangan itu diketahui ketika salah satu warga melakukan check kesehatan di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Pasean.

“Selama tahun 2017 ini ada satu penderita, itu pun dari luar daerah. Saya tidak tahu, apakah dia kena di sini atau dari luar negeri,” ujar Kepala Puskesmas Pasean, Kusmanto, Rabu (15/3/2017).

Dia tidak menyebutkan nama penderita penyakit tersebut, tetapi yang jelas bukan dari daerah Kecamatan Pasean, melainkan dari Kecamatan Batumarmar, tepatnya dari Desa Tamberru dengan jenis kelamin laki-laki.

“Kami rujuk langsung ke Pamekasan (RSUD dr. Slamet Martodirdjo), agar mendapat perawatan yang lebih intensif. Mulai tahun-tahun sebelumnya memang ada, tapi langsung dirujuk,” terangnya.

Dia menghimbau kepada masyarakat agar berperilaku sehat dengan menghindari ‘seks’ bebas supaya tidak terjangkit penyakit menular dan mematikan tersebut. (Marzukiy/har)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.