oleh

Hibur Anak-anak dengan Dongeng di Taman Potre Koneng

PortalMadura.Com, Sumenep – Anak-anak usia sekolah dasar beserta orang tuanya terlihat lesehan memadati sisi utara sebelah timur kawasan Taman Potre Koneng atau Taman Bunga Sumenep, Madura, Jawa Timur, Ahad (12/1/2020) pagi.

Maklum, di sudut kawasan salah satu taman terbuka hijau tersebut, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep menggelar acara dongeng bagi anak-anak dengan mendatangkan komunitas pendongeng yang tergabung dalam Kelompok Pecinta Bacaan Anak (KPBA) Okara.

Di tempat itu, aktivis KPBA Okara secara rutin, sekali dalam sebulan setiap Ahad yang bersamaan dengan kegiatan Car Free Day di kawasan Taman Potre Koneng, mendongengkan sebuah cerita bagi anak-anak usia sekolah dasar.

“Ini salah satu kegiatan rutin yang kami gagas sejak 2019 dengan bekerja sama dengan KPBA Okara,” kata Kabid Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep, Chairul Arif Hidayat.

Acara tersebut merupakan sarana edukasi dan hiburan bagi anak-anak sekaligus upaya membumikan dan mengingatkan kembali kegiatan mendongeng bagi para orang tua agar melakukannya di rumah masing-masing bagi anak-anaknya.

Selain di kawasan Taman Potre Koneng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep bersama KPBA Okara siap mengadakan acara serupa di tempat lain jika ada elemen masyarakat yang mengundangnya.

“Pada 2019, kami pernah menggelar acara serupa di Batuputih dan Guluk-guluk. Ketika itu memang ada kegiatan dan panitia meminta kami untuk melakukan acara mendongeng bagi anak-anak,” kata Chairul, menerangkan.

Di setiap acara mendongeng, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sumenep membawa mobil dan motor perpustakaan keliling (berisi buku-buku bacaan) untuk menumbuhkan minat baca bagi anak-anak. (*)

Penulis : Slamet HD
Editor : Putri Kuzaifah

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.