oleh

Smartphone Anda Basah Karena Hujan? Yuk Atasi dengan 6 Cara Ini

PortalMadura.Com – Musim hujan seperti sekarang ini terkadang menjadi alasan bagi sebagian orang untuk tidak keluar rumah. Malasnya keluar karena hujan yang lebat bisa membuat seseorang basah kuyup.

Tidak hanya bisa membasahi seluruh badan, barang bawaan pun juga akan terkena air hujan, termasuk salah satunya handphone. Walaupun smartphone yang sekarang sudah dilengkapi dengan berbagai perangkat yang cukup canggih, tapi ia juga termasuk benda yang rentan dengan air.

Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com, Minggu (12/1/2020) dari laman Liputan6.com, smartphone adalah perangkat elektronik dengan komponen-komponen di dalamnya yang sangat sensitif terhadap air. Ditambah lagi dengan air hujan yang mengandung asam dan garam.

Tapi Anda tidak perlu khawatir, jika smartphone Anda basah kuyup karena hujan, masih ada beberapa cara mengatasinya. Sebab, hal ini belum tentu merusak smartphone milik Anda. Lalu bagaimana caranya?.

Yuk, ikuti cara mengatasinya dengan enam langkah sederhana berikut ini.

Segera Basuh Smartphone Anda dari Air Hujan

Saat smartphone Anda terkena hujan, maka segera untuk membasuhnya. Semakin cepat Anda membasuh atau mengelap smartphone Anda dari air, kian sedikit pula potensi kerusakan smartphone milik Anda. Karena pada umumnya komponen smartphone sangat sensitif terhadap air.

Matikan Smartphone

Matikan segera mungkin smartphone Anda jika masih hidup saat terkena air hujan. Hal ini tidak lain untuk menghindari adanya konflik arus listrik terhadap air yang dapat merusak smartphone.

Lepaskan Case dan Baterai

Biasanya air masih tersimpan di dalam case, maka segera mencopotnya untuk meminimalisir masuknya air ke komponen smartphone. Jika memungkinkan, Anda bisa mencopot baterai untuk menghindari terjadinya konsleting. Pastikan dalam mencopot baterai dalam kondisi smartphone mati.

Baca Juga: Lindungi Ponsel Anda saat Musim Hujan dengan 6 Tips Ini

Keluarkan SIM Card

SIM card adalah bagian penting dalam menyimpan kontak yang berharga. Maka segeralah copot SIM card dari smartphone Anda dan kemudian segera mengeringkannya.

Lenyapkan Semua Kelembapan

Untuk mengurangi kelembapan yang terjadi, coba Anda goyangkan smartphone secara perlahan yang berfungsi mengurangi kelembapan di permukaan. Kemudian, ambil handuk untuk mengelap bagian-bagian smartphone yang lembap.

Mendiamkan Smarphone Anda

Banyak sekali metode untuk mengatasi smartphone Anda yang terendam banjir. Namun cara ini menyarankan Anda untuk membiarkan smartphone milik Anda selama 1-2 hari berada di tempat yang kering sebelum menggunakannya kembali.

Yang terakhir, cobalah hidupkan kembali smartphone milik Anda untuk memeriksa apakah langkah yang telah Anda terapkan berfungsi dengan baik atau tidak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Rewriter : Putri Kuzaifah
Sumber : liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.