Hiii Jijik, Ini 9 Kebiasaan Jorok yang Bisa Ganggu Kesehatan Tubuh Anda

Hiii Jijik, Ini 9 Kebiasaan Jorok yang Bisa Ganggu Kesehatan Tubuh Anda
ilustrasi

PortalMadura.Com – Salah satu cara mudah untuk memiliki kesehatan yang maksimal, yaitu dengan rajin menjaga kebersihan tubuh dan lingkungan sekitar. Pasalnya, lingkungan yang kotor menjadi area yang ideal bagi kuman, bakteri, atau virus penyebab penyakit untuk bertumbuh.

Maka dari itu, Anda disarankan untuk mandi, menggosok gigi, atau membersihkan rumah setiap hari. Kendati demikian, ada saja hal yang luput Anda jaga kebersihannya hingga menjadi atau tidak higienis.

Berikut sembilan kebiasaan jorok yang bisa mengganggu Anda:

Tidak Mencuci Alat Makeup Setelah Digunakan
Banyak bakteri, minyak, dan sel kulit mati yang menempel di alat makeup setelah Anda menggunakannya. Hal itu membuat bakteri tumbuh subur dan akhirnya menimbulkan iritasi kulit saat Anda memakainya. Sehingga sangat penting bagi Anda untuk mencuci alat makeup setelah menggunakannya.

Jarang Mencuci Seprai
Seprai bisa menjadi alat tidur yang jarang untuk dicuci. Padahal seprai dipenuhi dengan keringat dan cairan tubuh yang bisa menjadi tempat tumbuhnya bakteri.

Jarang Membersihkan Ponsel
Ponsel selalu Anda bawa kemanapun dan kapanpun. Tidak heran bakteri menempel di sana. Tindakan jarang membersihkan ponsel bisa menyebarkan kuman, terutama ke wajah.

Tidak Mencuci Botol Air
Kuman bisa datang dari mulut dan kemudian menempel di botol. Lebih dari 60% bakteri dalam botol air bisa menyebabkan penyakit karena bakteri seperti E.coli dan Streptococcus. Sehingga Anda harus rajin mencucinya.

Tidak Memakai Pakaian Dalam bersih
Celana dalam menumpuk keringat, kuman, dan sel kulit mati dari area kelamin. Jika Anda memakainya setiap hari tanpa menggunakan yang bersih, hal ini bisa menyebabkan gatal-gatal, iritasi, dan infeksi kulit.

Jarang Mengganti Busa Pencuci Piring
Spons atau pencuci piring bisa menyimpan banyak kotoran dari sisa makanan. Jika Anda jarang menggantinya, maka akan banyak bakteri yang menumpuk dan bisa membahayakan kesehatan Anda.

Tidak Membersihkan Yoga Mats
Yoga adalah olahraga yang jelas menyehatkan. Namun yoga juga bisa membahayakan kesehatan Anda jika jarang membersihkan mats atau matras yoga yang Anda gunakan dari keringat atau kotoran yang keluar dari tubuh saat Anda berolahraga. Kebiasaan ini bisa membuat kulit Anda iritasi.

Jarang Mencuci Handuk
Handuk berfungsi untuk membersihkan sel kulit mati yang tertinggal dan mengeringkan tubuh. Nah, jarang mencuci handuk membuat bakteri betah tinggal di dalamnya yang berujung dengan gangguan kesehatan kulit.

Tidak Berganti Pakaian Setelah Olahraga
Pakaian olahraga menyimpan banyak bakteri dan keringat setelah Anda menggunakannya. Untuk itu, Anda perlu segera berganti baju setelah sesi olahraga usai.

Banyak kebiasaan sederhana di mana Anda kurang menjaga kebersihan yang bisa merusak kesehatan tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda jangan malas melakukan aktivitas bersih-bersih. (merdeka.com/Salimah)

Dapatkan Barang Elektronik Dengn Harga Termurah Cek >> Rekomendasi Elektronik.
Jangan Lupa Ikuti kami di Google Berita.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.