oleh

Hijabers, Ini 5 Cara Agar Kualiatas Kulit Kepala dan Rambut Anda Tetap Terjaga

PortalMadura.Com – Menggunakan hijab adalah suatu kewajiban bagi wanita muslimah. Namun, sebagian wanita yang belum terbiasa mungkin akan merasa ‘gerah’ dan merasakan beberapa gejala kulit kepala dan rambut sehingga mengurangi komitmen dalam berhijab.

Aktivitas harian yang padat dapat membuat performa Anda menurun karena keringat yang sulit sekali dikontrol. Nah, berikut tips menjaga kualitas rambut dan kepala agar tetap terjaga, sehingga Anda dapat beristikomah dalam menggunakan hijab.

1. Selektif Dalam Pemilihan Hijab

Memilih bahan hijab sangat perlu sebagai penunjang agar rambut tetap prima, penggunaan bahan katun dapat juga diprioritaskan sebagai pilihan utama karena keunggulannya dalam menyerap keringat.

Selain itu, minimalkan penggunaan warna gelap siang hari, karena dapat dengan mudah menyerap panas matahari dan berakibat munculnya ketombe dan rambut mudah sekali menjadi ‘lepek’.

2. Mencuci Rambut Secara Optimal

Mencuci rambut adalah cara ampuh dalam mengusir rasa gerah dan gatal akibat ketombe. Namun, bukan berarti Anda harus mencuci rambut setiap hari. Usahakan mencuci rambut 2-3 hari dalam seminggu. Karena sering mencuci rambut juga tidak baik dan dapat memberikan efek negatif yaitu membuat rambut menjadi kering dan mudah rontok.

Loading...

3. Cuci Hijab dan Ciput Setelah Digunakan

Hal tersebut perlu diperhatikan bagi Anda yang sering beraktivitas di luar ruangan, karena debu dan polusi yang menempel di hijab dapat berpengaruh pada kebersihan dan kesehatan rambut Anda.

Tidak hanya itu, cucilah sisir setiap minggunya, agar rambut tidak terkontaminasi dengan kotoran yang melekat pada sisir.

4. Mengistirahatkan rambut

Seperti halnya manusia, rambut juga perlu istirahat. Maka dari itu, disarankan untuk tidak mengikat rambut terlalu kencang, karena dapat membuat rambut mudah patah dan bercabang. Dan bila santai dirumah, disarankan untuk tidak mengikat rambut atau menggerainya agar rambut dapat bernafas lega.

5. Jangan Coba-coba Dalam Memilih Shampo

Terkadang bila kita ingin mendapat hasil yang baik, kita selalu mencoba sesuatu yang baru. Namun, Anda perlu hati-hati bila ingin mengaplikasikannya pada rambut. Berganti-ganti shampo dapat berakibat fatal pada rambut salah satunya membuat rambut bercabang dan kemerahan. Pilihlah shampo yang sesuai dengan rambut dan kulit kepala Anda.(moeslema.com/Nanik)




Berita PortalMadura Aplikasi Android PortalMadura
Loading...

Komentar