Hilangkan Embun dari Kaca Mobil dengan 6 Cara Ini

Avatar of PortalMadura.com

PortalMadura.Com – Berkendara dengan mobil saat hujan deras harus lebih hati-hati. Karena biasanya jarak pandang menjadi kurang jelas akibat yang berembun. Jika kondisi ini tidak segera diatasi maka akan membahayakan keselamatan.

Oleh karena itu, Lakukan beberapa cara ini untuk mengatasi kaca mobil yang berembun. Bagaimana caranya? Sebagaimana dilansir PortalMadura.Com dari laman liputan6.com, berikut ini cara hilangkan embun dari kaca mobil:

Menyalakan AC

Hal pertama yang dapat dilakukan saat yaitu dengan segera menyalakan AC. Biasanya beberapa orang berpikir jika mematikan AC dapat mencegah embun, namun ternyata langkah ini salah. Justru langkah yang benar adalah menyalakan AC dengan temperatur dingin saat hujan.

Hal ini dikarenakan kemunculan embun di kaca mobil disebabkan oleh suhu di luar lebih tinggi daripada dalam mobil. Maka dari itu Anda harus menyesuaikan suhu di luar dengan dalam mobil.

Maksimalkan Defogger

Apabila mobil Anda telah dilengkapi dengan fitur defogger, kalian dapat memanfaatkannya untuk mencegah terjadinya embun. Part yang satu ini berbentuk garis-garis dengan material kawat tipis yang merupakan kondensator panas.

Anda dapat menyalakan part yang satu ini dengan menekan tombol khusus bergambar tiga panah melengkung yang ada berada di dashboard mobil.

Menggunakan Sampo Rambut

Ketika Anda ingin menghilangkan embun dengan alat yang bersahabat dengan kantong, kalian dapat menggunakan sampo rambut sebagai rahasianya. Sampo memiliki kandungan material yang dapat mencegah munculnya embun karena tetap menjaga kelembaban kaca mobil.

Cara pemakaiannya, Anda hanya perlu mengoleskan sampo tanpa dicampur air dengan sedikit pada area dalam kaca mobil. kemudian lap menggunakan kain sintetis yang sedikit lembab dengan arah lurus menyamping dan searah.

Mengoleskan Tembakau

Selain dimanfaatkan sebagai rokok, tembakau juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghilangkan embun. Cara pemakaiannya sama seperti sampo rambut di atas, namun yang membedakan adalah saat mengoleskan, jangan sampai potongan cengkeh ikut. Hal ini dikarenakan cengkeh dapat menggores kaca mobil.

Memakai Cairan Anti Kabut

Cairan yang satu ini jual luas di pasaran Indonesia. Kalian dapat memakai cairan ini dengan menyemprotkan pada area kaca yang berembun dan diamkan beberapa saat. Jika telah selesai jangan lupa untuk mengelap kaca secara searah dengan kain yang lembut.

Memperhatikan Kondisi Mobil

Selain menggunakan beberapa cara diatas, Anda juga harus memperhatikan kondisi mobil untuk tahap pencegahan.

Tidak hanya itu, Anda jangan memarkir mobil di bawah terik matahari dan hindari menggunakan lap basah untuk membersihkan kaca mobil bagian dalam. Untuk mengeluarkan hawa panas yang berada di dalam mobil, sebaiknya buka kaca setelah mobil diparkir di tempat terik.

Demikian, cara menghilangkan embun di kaca mobil yang dapat Anda terapkan di rumah. Semoga dapat membantu dan bermanfaat bagi Anda semuanya.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.