Hilangkan Jamur pada Pakaian dengan 5 Cara Alami Ini

Avatar of PortalMadura.com
Hilangkan Jamur pada Pakaian dengan 5 Cara Alami Ini
Ilustrasi

PortalMadura.Com tidak semudah yang dibayangkan, perlu ketelitian dalam membersihkannya. Karena apabila tidak, bukan tidak mungkin akan menimbulkan bekas kotoran yang ada di pakaian.

Selain itu, penempatan atau tempat menjemur baju juga perlu diperhatikan. Pasalnya, baju yang disimpan di tempat dengan kelembapan tinggi bisa ternoda jamur.

Sama halnya dengan noda yang tidak segera dibersihkan. Hal itu bisa menimbulkan bercak jamur bermunculan di kain. Lantas, bagaimana cara menghilangkan jamur pada pakaian?.

Nah, untuk mensiasatinya, maka gunakan saja bahan-bahan alami berikut, seperti dilansir PortalMadura.Com, Senin (16/12/2019) dari laman Merdeka.com:

Cuka Putih

Cara menghilangkan jamur pada pakaian yang pertama bisa menggunakan cuka putih. Cuka putih efektif membasmi bintik-bintik pada baju berjamur. Selain itu, cuka putih juga aman digunakan untuk berbagai jenis pakaian.

Caranya mudah, Anda hanya perlu mencampurkan sedikit cuka dan air dingin dengan takaran sebanding, kemudian usapkan larutan ke bintik-bintik jamur dengan kain atau sikat gigi bekas bersih. Diamkan, kemudian cuci dengan air bersuhu tertinggi yang dianjurkan.

Anda juga bisa merendam baju semalaman dalam larutan cuka dan air (segelas cuka untuk seember air) jika jamur sudah menyebar luas, lalu tinggal mencucinya seperti biasa.

Baca Juga : 11 Khasiat Cuka Untuk Mencuci Pakaian

Catatan, Anda harus menghindari untuk mencampur cuka putih dan pemutih cucian karena bisa menghasilkan gas beracun.

Jeruk Nipis dan Garam

Cara menghilangkan jamur pada pakaian tanpa pemutih selanjutnya adalah dengan menggunakan jeruk nipis dan garam. Kombinasi dua bahan ini dijamin aman dan tidak merusak serat kain.

Caranya, Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk menerapkannya. Peras air jeruk nipis dan gunakan airnya saja. Campurkan 1-2 sendok makan garam ke dalam air perasan jeruk nipis. Setelah itu, larutkan campuran ini ke dalam air hangat.

Lalu, rendam pakaian yang ternoda ke dalam larutan air jeruk nipis dan garam, kemudian jemur. Setelah 30 menit, angkat pakaian dan cek apakah nodanya masih atau berhasil dihilangkan.

Kalau noda jamurnya masih ada, tuangkan deterjen cair ke bagian yang ternoda jamur dan gosok dengan sikat gigi bekas. Kemudian, lanjutkan ke proses mencuci pakaian agar nodanya benar-benar hilang sempurna.

Perlu Anda ketahui, selain untuk membersihkan noda jamur, jeruk nipis dan garam juga bisa digunakan untuk menghilangkan noda lem di baju.

Baking Soda

Penggunaan baking soda untuk menghilangkan jamur pada pakaian tidak perlu dipertanyakan lagi. Baking soda bahkan memang menjadi salah satu solusi tepat dalam mencuci pakaian dengan noda membandel.

Caranya, buat pasta baking soda terlebih dahulu dengan mencampurkan air dan baking soda secukupnya. Lalu, oleskan pasta baking soda ini ke bagian yang ternoda jamur. Diamkan selama 15 menit, lalu gosok dengan memakai sikat berbulu halus atau sikat gigi bekas. Terakhir, bilas pakaian dengan air bersih seperti biasanya.

Air Panas

Selanjutnya, Anda juga bisa menggunakan air panas untuk menghilangkan jamur pada pakaian. Cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan air panas ini efektif dan tentunya mudah diterapkan.

Caranya, cucilah kain dalam air panas sesegera mungkin untuk menyelamatkan pakaian Anda. Ini dapat menghilangkan jamur lebih efisien dan cepat daripada menggunakan air dingin. Selain itu, hal ini juga membantu menghilangkan alergen dan spora jamur.

Namun, Anda harus memastikan bahwa airnya tidak terlalu panas sehingga tidak merusak kain. Anda tentu tidak mau kan jika pakaian Anda rusak hanya karena kecerobohan kecil?.

Boraks

Boraks merupakan mineral yang ampuh melawan jamur dan bisa dibeli dalam bentuk bubuk. Sebagian detergen juga mengandung boraks. Ikuti petunjuk pemakaian boraks bubuk di kemasannya.

Pada umumnya, serbuk perlu dicampur dengan air untuk membuat pasta. Oleskan campuran ini pada noda jamur dengan sikat gigi bekas. Diamkan beberapa jam, kemudian cuci di mesin cuci. Anda juga bisa menambahkan campuran air dan boraks langsung ke laci mesin cuci jika mencuci beberapa baju berjamur secara bersamaan.

Setelah dicuci, jemur pakaian di bawah sinar matahari yang turut membantu membasmi jamur. Pada musim hujan, gantung dan angin-anginkan pakaian di ruangan dengan sirkulasi udara lancar. Alternatifnya, gunakan mesin pengering cucian jika mungkin.

Walaupun begitu, Anda harus berhati-hati dalam menggunakan produk ini. Jauhkan boraks dari jangkauan anak-anak dan hewan peliharaan untuk menghindari risiko keracunan.

Demikian cara-cara menghilangkan jamur pada pakaian dengan bahan alami yang ada di rumah. Selamat mencoba.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.