Hilangkan Kapalan di Tangan Anda dengan 4 Tips Ampuh Ini!

Avatar of PortalMadura.Com
Hilangkan Kapalan di Tangan Anda dengan 4 Tips Ampuh Ini!
Ilustrasi

PortalMadura.Com – Kapalan merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut bagian kulit yang mengalami penebalan. Kulit-kulit yang mengalami penebalan tersebut biasanya ada di area khusus seperti telapak kaki, tumit, jari-jari tangan dan lain-lain. Kapalan menyebabkan kulit menjadi terasa kasar, maka bagi sebagian orang kapalan tidak membawa kenyamanan dan bikin penampilan gak keren.

Bahkan mau tidak mau harus dihilangkan. Gesekan dan tekanan yang berulang pada permukaan kulit dapat memicu pembentukan kapalan. Kulit telapak tangan Anda pun tidak luput dari kondisi ini. Meski tidak menyakitkan ataupun mengganggu kegiatan sehari-hari, penebalan kulit pada tangan kapalan biasanya lama hilang dan dapat menimbulkan rasa tidak nyaman.

Inilah mengapa Anda perlu mengetahui cara menghilangkan kapalan di tangan yang ampuh. Kulit yang terus-menerus mengalami gesekan bisa mengalami iritasi, bahkan kerusakan. Ciri khas dari kapalan adalah terbentuknya area kulit yang kasar dan menebal. Area kulit ini juga dapat terasa mengeras atau timbul menyerupai benjolan.

Biasanya, kapalan lebih banyak terbentuk pada telapak kaki, tumit, mata kaki, lutut, dan telapak tangan. Ukuran dan bentuknya bisa bervariasi, tapi secara umum lebih besar dibandingkan mata ikan.

Cara Hilangkan Kapalan di Tangan

Ada beragam cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi kapalan, terutama di bagian tangan.

Merendam tangan dengan air hangat

Cara menghilangkan kapalan di tangan dengan air hangat sebelum Anda mencoba metode lain. Caranya, siapkan air hangat di dalam baskom dan rendam tangan Anda selama kira-kira 5-10 menit. Setelah itu, keringkan tangan Anda menggunakan handuk.

Lapisan kulit yang menebal akan melunak sehingga bisa disingkirkan dengan cara digosok. Lakukan cara ini secara rutin hingga kapalan pada tangan hilang seluruhnya.

Menggunakan tea tree oil

Tea tree oil merupakan minyak esensial yang mengandung komponen antijamur, antibakteri, dan antiseptik alami. Campurkan beberapa tetes tea tree oil ke dalam satu baskom air hangat. Lalu, rendam tangan Anda hingga kulit yang tadinya kasar menjadi lunak.

Untuk penggunaan tea tree oil sebagai cara Hilangkan Kapalan di Tangan, Jangan merendam tangan Anda lebih dari 15 menit. Pasalnya, kandungan dalam minyak esensial ini sangat kuat dan justru dapat merusak lapisan kulit jika tangan Anda direndam terlalu lama.

Menggunakan produk mengandung asam salisilat

Cara ain yang bisa dilakukan untuk menghilangkan kapalan di tangan adalah dengan menggunakan produk mengandung asam salisilat. Bahan ini dapat menguraikan protein dan keratin yang terdapat pada lapisan kulit mati. Karena fungsi inilah, asam salisilat dapat digunakan untuk mengatasi kapalan pada tangan.

Merendam tangan dalam larutan garam epsom

Garam epsom terbuat dari senyawa kimia mengandung magnesium, belerang, dan oksigen. Garam epson merupakan salah satu cara Hilangkan Kapalan di Tangan.

Produk ini biasanya digunakan dengan cara mencampurkannya ke dalam air untuk berendam. Garam epsom adalah eksfoliator alami yang dapat membuang sel-sel kulit mati.

Untuk menggunakannya, campurkan 2-3 sendok makan garam epsom ke dalam satu baskom air. Kulit tangan yang mengalami kapalan lama-kelamaan akan melunak dan Anda bisa menyingkirkannya dengan mudah.

Anda dapat menerapkan berbagai cara Hilangkan Kapalan di Tangan secara mandiri menggunakan bahan-bahan yang mudah diperoleh. Namun, Anda tetap harus mengikuti instruksi pemakaian untuk mencegah efek samping pada kulit akibat penggunaan yang salah atau berlebihan.

DAPATKAN UPDATE BERITA LAINNYA DI

google news icon

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.