oleh

Potret Gerakan Sadar Membaca di Lapas Klas II A Pamekasan

PortalMadura.Com, Pamekasan – Gerakan sadar membaca juga dirasakan para warga binaan pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan Narkotika Klas IIA Pamekasan, Madura, Jatim.

Warga binaan yang tergabung dalam Komunitas Pecinta Buku Lapas ini terlihat asyik sedang membaca beberapa buku. Bahkan beberapa orang dari mereka juga mengaku senang dengan adanya perpustakaan khusus lapas.

Gempur Rokok Ilegal Pemkab Sumenep

BACA : Jelang Liga 3 Jatim 2021, Madura FC Masih Butuh Empat Laga Uji Coba

”Saya pribadi senang kalau membaca buku, setidaknya jika nanti sudah keluar kami juga punya wawasan pengetahuan, ” ujar salah satu warga binaan lapas kelas II A Pamekasan, yang namanya enggan di mediakan.

Sementara itu, Kalapas Kelas II A Pamekasan, Hanafi mengatakan, gerakan sadar membaca tersebut merupakan inisiasi antara pihaknya dengan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pamekasan.

Gerakan tersebut sebagai upaya menciptakan kebiasaan baru di Lapas yakni Menuju Lapas Percontohan Sadar Literasi.

“Ada warga binaan yang juga senang membaca buku mulai dari buku-buku keagamaan hingga buku buku ilmiyah,” ujarnya.

Pengadaan perpustakaan di Lapas merupakan bagian dari upaya pemberdayaan warga Lembaga Pemasyarakatan Pamekasan, terutama untuk membekali para warga Lapas Pamekasan dengan berbagai pengetahuan sebelum akhirnya kembali ke masyarakat.

“Mereka mempunyai kesempatan yang sama untuk belajar. Berbagai pengetahuan praktis dari buku memulai usaha, beternak, budi daya, misalnya, dapat bermanfaat ketika mereka kembali masyarakat dan siap berkarya,” tegasnya.

Saat ini Perpustakaan Lapas Kelas II A Pamekasan tersebut telah mengoleksi kurang lebih 750 buku dari berbagai genre, mulai dari buku umum hingga buku kerohanian.

Buku-buku tersebut merupakan sumbangan dari masyarakat dan dinas perpustakaan yang tergabung dalam  Pelayanan warga binaan lapas pamekasan sejak 6 bulan lalu.

“Kami juga masih berencana menambah beberapa koleksi buku, tentunya akan ada kordinasi dengan Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Pamekasan,” pungkasnya.

Dapatkan Berita terbaru dari kami via Telegram

Komentar