oleh

Hindari 6 Aktivitas ini Agar Puasamu Tidak Sia-sia

PortalMadura.Com – Bulan ramadan adalah bulan yang penuh berkah dan ampunan, semua umat Islam melaksanakan puasa dan memperbanyak ibadah. Namun pahala dari perbuatan baik itu bisa tidak maksimal jika Anda melakukan hal-hal yang tidak baik. Maka kita memang harus lebih berhati-hati agar ibadah yang kita lakukan bisa maksimal.

Hindarilah melakukan hal hal yang bersifat makruh yang dapat menurunkan pahala puasa. Makruh adalah sesuatu yang jika ditinggalkan akan mendapatkan pahala dan jika dikerjakan tidak akan mendapat apa-apa atau sia-sia. Dilansir dari Fimela.Com, Senin (12/4/2021) berikut adalah 6 aktivitas yang makruh dilakukan pada saat puasa Ramadan:

Bergosip

Membicarakan orang lain, menyebar keburukan orang lain, menggunjing atau ghibah termasuk pada perbuatan yang hukumnya makruh. Bergosip merupakan perkara yang sangat tidak baik dilakukan oleh orang Islam, lebih-lebih saat bulan ramadan dan sedang berpuasa. Maka bisa menurunkan kualitas puasa seseorang. Bahkan, bagi mereka yang suka bergosip diibaratkan seperti orang yang memakan bangkai saudaranya sendiri.

Sikat Gigi atau Bersiwak saat Puasa

Menggosok gigi tidak lantas membatalkan puasa namun sebaiknya di hindari, tetapi ada baiknya memang saat berpuasa menyikat gigi tanpa menggunakan pasta gigi, khawatir rasa pasta gigi masuk ke dalam mulut dan kerongkongan hingga hukumnya menjadi makruh.

Berlebihan Saat Berkumur dan Memasukkan Air ke Dalam Hidung

Saat berwudu berkumur dan memasukkan air ke dalam hidung hukumnya sunah, namun saat berpuasa aktivitas ini menjadi makruh. Maka sebaiknya aktivitas ini di hindari saat berpuasa.

Mencicipi Makanan

Apabila mencicipi makanan dalam rangka hanya mencicipi dan tidak ditelan, maka itu diperbolehkan. Namun apabila dilakukan berkali-kali dan ada yang masuk ke dalam perut walaupun hanya sebagian kecil, maka hal ini dapat membatalkan puasa orang tersebut.

Memandang Istri atau Perempuan dengan Nafsu

Melakukan aktivitas ini ternyata dapat membangkitkan nafsu syahwat, dan yang demikian menjadi perkara yang makruh dilakukan saat puasa dan dapat menyebabkan puasanya rusak dan batal.

Memikirkan Hal-hal Jorok (Berkaitan dengan Hubungan Intim)

Meski bukan ramadan, hal ini memang tidak baik untuk dilakukan. Kegiatan tersebut dapat memancing orang melakukan hal seperti yang dibayangkan. Sehingga dapat memicu keluarnya air mani atau orgasme, yang jelas membatalkan puasa.

Ramadan merupakan bulan yang sangat baik, maka akan sangat disayangkan jika kita tidak memaksimalkan untuk berbuat baik. Maka hendaklah saat berpuasa kita juga berpuasa dari melakukan hal-hal yang tidak baik. Semoga bermanfaat.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Fimela.com

Komentar