oleh

Begini Caranya Ajarkan Anak Agar Senang Mengikuti Salat Tarawih Berjamaah

PortalMadura.Com – Sebentar lagi Umat Islam akan memasuki bulan ramadan, bulan yang penuh berkah dan ampunan. Bulan ramadan selalu menjadi bulan yang kehadirannya di tunggu oleh seluruh umat Islam. Menjalankan puasa selama sebulan penuh dan melakukan sunah khusus yang sangat luar biasa keutamaannya.

Salah satu sunah yang memiliki keutamaan yang sangat luar biasa adalah shalat tarawih. Salat tarawih merupakan salat sunnah yang biasa dikerjakan selama bulan Ramadan. Jika biasanya dilakukan setelah salat Isya dan berjamaah di masjid. Penting rasanya bagi orang tua mengenalkan tentang keutamaan salat tarawih kepada anak agar si kecil memiliki kegemaran untuk ikut serta malakukan salat sunah tarawih dengan senang hati. Dilansir dari Popmama.Com, Minggu (11/4/2021) cara ini bisa Anda ajarkan kepada anak agar senang mengikuti salat tarawih berjamaah:

Menjelaskan Keutamaan Salat Tarawih Berjamaah Pada Anak

Salat sunah tarawih yang hanya dilaksanakan pada malam ramadan memiliki fadilat yang berbeda setiap malamnya. Sebelum pada tata cara melaksanakannya, Anda bisa memulai dengan menyampaikan keutamaan salat tarawih berjamaah. Jelaskan pada anak bahwa salat tarawih memiliki banyak sekali keutamaan, diantaranya: Mendapatkan pahala salat semalam suntuk, Memperoleh pahala salat berjamaah, Sebagai sarana pembelajaran, Memeriahkan ramadan dan Menyehatkan jasmani dan rohani.

Menjelaskan Tata Cara Salat Tarawih Berjamaah Pada Anak

Sampaikan pada Anak bahwa salat tarawih sebenarnya sama dengan salat wajib, hanya niatnya saja yang berbeda. Namun jangan sampai lupa mengajarkan kepada anak bahwa sebelum salat maka wajib hukunya untuk bersuci dengan mengambil wudu.

Menjelaskan Untuk Tetap Tertib Saat Salat Pada Anak

Dalam menjalankan ibadah salat berjamaah di masjid, penting rasanya anak diberi pemahaman agar tetap tertib selama pelaksanaan salat berjamaah berlangsung. Hal ini selain agar menghindari jamaah lain merasa terganggu, hal ini juga akan mengajarkan agar anak belajar khusyuk dalam menjalankan ibadah.

Rasulullah SAW menekankan kepada umatnya agar melakukan salat berjamaah. Beliau menyatakan bahwa orang yang salat berjamaah akan memperoleh derajat yang berlipat ganda dibandingkan dengan orang yang shalat sendirian. Itulah mengapa penting mengajarkan tata cara salat tarawih berjamaah pada anak untuk ikut dalam salat berjamaah.

Rewriter : Fianolita Purnaningtias
Sumber : Popmama.com

Komentar